daftar iklan mgid

Perlunya CV (Curriculum Vitae) untuk Melamar Pekerjaan

Pengertian CV (Curriculum Vitae) adalah sebuah dokumen yang menjelaskan secara rinci mengenai diri seseorang. Umumnya CV atau biasa disebut dengan riwayat hidup digunakan untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan atau instansi. Mengapa diperlukan sebuah CV saat melamar kerja? Simak ulasan selanjutnya.

CV (Curriculum Vitae) untuk Melamar Pekerjaan

CV (Curriculum Vitae) untuk Melamar Pekerjaan

Saat seseorang melamar kerja, hal pertama kali yang dilihat oleh perusahaan adalah membaca CV (Curriculum Vitae) dari pelamar tersebut. CV menjadi sangat penting karena berisi dokumen yang terperinci tentang siapa diri orang yang mengajukan permohonan untuk bergabung (bekerja) di sebuah institusi.

Keberadaan CV sangat menentukan untuk melanjutkan langkah berikutnya terhadap pelamar karena menjelaskan secara rinci mengenai siapa diri pelamar dan relevansinya terhadap posisi pekerjaan yang dilamarnya.

Dengan kata lain melalui CV, perusahaan akan memperoleh kesan awal terhadap pelamar apakah pelamar tersebut merupakan orang yang tepat atau tidak untuk dipilih diantara para pelamar lainnya. Misalkan pengalaman atau pencapaian yang telah dilakukan di masa lalu, pendidikan, dan lain sebagainya.

Lentera kecil:  Siapa Saja yang Harus Memiliki Asuransi?

Oleh karena itu, CV (Curriculum Vitae) atau riwayat hidup yang merupakan gambaran personifikasi diri dalam bentuk tulisan (dokumen) tersebut sangat penting dan harus dibuat yang efektif dan menarik agar dapat meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan idaman si pelamar.

Membuat CV Untuk Melamar Kerja

Boleh dikatakan bahwa CV (Curriculum Vitae) atau riwayat hidup bagi pelamar atau pencari kerja merupakan self-branding dalam mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki pelamar dengan realistis serta sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Sedangkan bagi perusahaan atau yang membuka lowongan kerja, CV (Curriculum Vitae) merupakan dokumen untuk mempermudah mengevaluasi kompetensi yang dimiliki pelamar apakah memiliki relevansi dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Untuk itu, dokumen CV harus benar-benar dipersiapkan bagi yang ingin melamar pekerjaan. Meskipun panjang dari sebuah CV tidak ada batasannya, namun buatlah CV dengan jelas dan semenarik mungkin tentang informasi diri kamu.

Ada beberapa poin penting dalam membuat CV yang harus diperhatikan, khususnya bagi yang baru pertama kali melamar pekerjaan.

Lentera kecil:  Berita Heboh Bagi-bagi Rumah Setiap Bulan

1. Data Diri Lengkap

Tulis tentang informasi data diri kamu dengan lengkap, seperti nama lengkap (dengan gelas jika ada), alamat tinggal, tempat dan tanggal lahir, nomer telepon, email dan lain sebagainya.

2. Riwayat pendidikan

Meskipun lulusan sarjana pastilah telah menempuh jenjang pendidikan sebelumnya, namun di riwayat pendidikan ditulis lengkap mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga pendidikan terakhir dengan mencantumkan juga: dimana menempuh sekolah tersebut serta mulai menempuh pendidikan dari tahun berapa sampai tahun berapa.

3. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja merupakan fokus perhatian bagi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Tulis riwayat atau pengalaman kerja yang telah dimiliki dengan lengkap di bagian apa bekerja dan berapa lama pernah bekerja. Kamu bisa juga mencantumkan PKL (Praktek Kerja Lapangan) saat di sekolah jika belum pernah bekerja atau baru lulus sekolah.

4. Keahlian dan Prestasi

Kamu bisa menuliskan keahlian dan prestasi yang dimiliki. Cantumkan keahlian dan prestasi di dalam CV secara singkat dan jelas, karena bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan ketika melihat CV. Misalkan mahir mengoperasikan komputer atau keahlian sesuai lowongan pekerjaan yang ada. Bisa juga prestasi saat memenangkan suatu kompetisi, mengelola organisasi, dan lain sebagainya.

Lentera kecil:  Cari Kost Khusus Putri Fasilitas Lengkap dan Murah di Solo

Nah, jika ingin membuat CV (Curriculum Vitae) yang efisien dan menarik tapi tidak mau ribet, saat ini ada cara praktis yaitu melalui cvmenarik.com. Kamu dapat membuat CV atau resume dalam hitungan menit menggunakan contoh resume khusus untuk profesi kamu.

Cukup memilih template yang telah dirancang untuk menarik perhatian pemberi kerja sejak awal, kemudian masukkan riwayat pekerjaan, kemampuan, dan keterampilan yang akan menjadikan kamu sebagai kandidat yang luar biasa. Setelah oke, unduh CV atau resume yang telah kamu buat. CV atau resume sudah siap dan selangkah lebih dekat dengan wawancara kerja dan posisi yang telah kamu tunggu-tunggu!

 

CV (Curriculum Vitae) untuk Melamar Pekerjaan

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *