daftar iklan mgid

Youtube Analytic: 7 Metrik yang Perlu Anda Ketahui

Menjadi youtuber kini merupakan salah satu cita-cita banyak generasi muda. Kemudahan mendapatkan pundi-pundi uang dari konten yang menarik dan menghibur menjadi pesona tersendiri sehingga banyak orang berlomba menjadi youtuber yang terkenal. Namun, menjadi youtuber dengan jutaan pengikut dan berpenghasilan besar bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus Anda lakukan dan pahami.

Youtube Analytic

7 Metrik Youtube Analytic

Untuk memuluskan jalan Anda menjadi youtuber yang terkenal dan berpenghasilan tinggi, Anda harus memahami 7 metrik yang berkaitan dengan performa youtube channel Anda. Apa saja? Yuk, simak ulasannya.

1. View Count

View count atau jumlah penayangan merupakan salah satu metrik yang penting untuk Anda perhatikan. Jumlah penayangan menunjukkan banyaknya penonton yang melihat video Anda.

Jumlah ini juga menunjukkan seberapa besar jangkauan konten youtube Anda. Jumlah penayangan yang dihitung oleh youtube adalah dari mulai video diputar hingga ke minimal 30 detik pertama.

Untuk meningkatkan jumlah penayangan dalam jumlah yang cukup tinggi, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Salah satu hal yang meningkatkan jumlah penonton adalah memakai thumbnail yang menarik.

Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti melakukan sharing ke media sosial, melakukan giveaway, dan memberikan ajakan via email untuk meningkatkan jangkauan penayangan video youtube Anda.

Lentera kecil:  Pengertian Manajemen Sebagai Ilmu, Seni Dan Profesi

2. Play Rate

Play rate merupakan rerata persentase pengunjung yang benar-benar menonton video Anda hingga usai. Metrik ini merupakan salah satu indikator yang menunjukkan efektifitas Anda dalam membuat dan memposisikan konten youtube.

Untuk meningkatkan play rate, Anda bisa membuat konten yang menarik agar para penonton betah berlama-lama di kanal Anda untuk menyaksikan konten yang telah Anda unggah.

Selain itu buat judul, thumbnail, dan deskripsi yang relevan dan menarik untuk meningkatkan keinginan orang untuk menonton video Anda. Anda juga dapat memindahkan video Anda pada halaman lain yang lebih mudah terlihat oleh penonton. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan play rate.

3. Engagement

Engagement merupakan metrik yang mengukur jumlah penonton video pada youtube Anda. Metrik ini menunjukkan kualitas, efektivitas, dan relevansi konten yang telah Anda buat yang diukur berdasarkan durasi waktu.

Metrik ini sangat penting untuk menganalisis seberapa banyak penonton yang menonton video Anda, menonton ulang, atau justru berhenti menonton sebelum video berakhir.

Untuk meningkatkan engagement atau keterlibatan penonton terhadap konten Anda, Anda perlu melakukan eksperimen dan uji coba beragam konten dan mengevaluasi hasilnya. Dari berbagai percobaan tersebut, Anda akan dapat menarik kesimpulan konten mana yang paling banyak mendapatkan engagement dari penonton.

Lentera kecil:  Mengenal Royale By Soklin Sebagai Pewangi Pakaian Terbaik

4. Social Sharing

Metrik ini paling banyak diperhatikan karena sangat berkaitan dengan engagement. Indikatornya yaitu seberapa banyak video Anda dibagikan melalui media sosial. Semakin sering konten Anda dibagikan maka semakin luas jangkauan penontonnya, dan tentu saja potensi engagementnya juga semakin tinggi.

Untuk meningkatkan social sharing, Anda bisa membuat video yang berpeluang menjadi viral seperti video yang dapat menggugah rasa empati, emosi, lucu, menarik dan bermanfaat. Lalu Anda bisa melakukan call to action kepada pengikut Anda untuk melakukan sharing ke media social mereka.

5. Click Through Rate (CTR)

Metrik ini sangat cocok untuk kanal yang bertujuan untuk promosi. CTR memungkinkan Anda mengajak penonton video Anda untuk berlangganan, mengunjungi suatu blog atau menonton video lainnya. Jika Anda mengarahkan pada blog, perpanjang domain murah dan pastikan blog Anda dapat diakses oleh para pengunjung.

Untuk meningkatkan metrik CTR, Anda harus meningkatkan metrik engagement terlebih dulu. Secara psikologis, pengikut yang loyal dan setia terhadap kanal Anda akan lebih mudah mengikuti instruksi yang Anda berikan.

6. Convertion

Convertion atau konversi adalah metrik yang mengukur banyaknya jumlah pelanggan yang Anda dapatkan berkat konten yang Anda miliki. Konten ini memang sedikit rumit, namun berkaitan erat dengan Google Analytic.

Lentera kecil:  Keuntungan Sewa Bus Semarang di Ranggawarsita Tour

Video yang menarik dapat membantu meningkatkan tingkat konversi. Sebagai efeknya, banyak pengguna internet yang mengunjungi situs Anda atau melakukan pembelian pada produk yang Anda tawarkan. Jika Anda sudah memiliki situs pribadi yang dibuat dengan cara membuat blog sendiri, pastikan situs tersebut aktif dan jangan lupa perpanjang domain murah di layanan penyedia hosting terpercaya seperti Hostinger.

7. Feed Back

Metrik ini merupakan metode analisis kualitatif. Jadi, Anda tidak menilai berdasarkan angka, namun berdasarkan kualitas umpan balik penonton terhadap video yang Anda unggah. Anda bisa menganalisis bagaimana komentar dan reaksi penonton terhadap video Anda. Menjawab komentar dengan baik merupakan salah satu cara untuk meningkatkan metrik ini.

Demikian 7 metrik yang harus Anda pahami untuk menilai performa kanal youtube Anda. Dengan mengumpulkan data dari ketujuh metrik tersebut, selanjutnya Anda dapat menganalisis dan merumuskan konten bagaimanakah yang paling tepat dan efektif untuk meningkatkan popularitas kanal youtube Anda. Selamat menganalisis dan mengembangkan kanal youtube Anda, Kawan. Selamat berkreasi.

 

7 Metrik Youtube Analytic yang Perlu Anda Ketahui

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *