Tips Menulis Artikel

Pada umumnya, menulis sebuah artikel terlihat mudah. Namun, kenyataan berkata lain saat berhadapan dengan keyboard  komputer atau sebuah pena dan selembar kertas. Terutama bagi penulis pemula, meski mempunyai ide cemerlang perwujudan ide tersebut tersendat bahkan berhenti saat menulis ide tersebut. Meski ada sedikit pemaksaan menulis, hasil artikel terlihat “berantakan” baik isi maupun susunan kalimatnya.

Apa yang hendak dikatakan dan bagaimana mengatakan pikiran lewat penulisan artikel, memerlukan pemikiran penulis dengan sangat hati-hati dalam meneliti serta mempelajari materi artikel.

menulis

Jauh lebih baik membaca artikel dengan 200 kata yang membantu memberikan informasi, daripada 2000 kata yang hanya menghamburkan kata dengan kalimat bertele-tele. Tulisan yang padat dan berisi itu yang sangat diidamkan pembaca. Jika sebuah artikel terlalu panjang, pembaca dapat dengan mudah kehilangan konsentrasi dan menyerah untuk membaca terus.

Sebuah artikel yang bermutu adalah memberikan kejelasan dan kesederhanaan dengan sedikit sentuhan dalam tulisannya agar menarik, nyaman dilihat, enak dibaca serta memberikan informasi yang diinginkan pembacanya. Mungkin beberapa tips menulis artikel berikut bisa membantu anda:

 Tips Menulis Artikel

  • Selalu mencoba untuk menempatkan diri pada posisi pembaca.
  • Memoles tulisan dengan mengubah kata-kata dan ekspresi.
  • Pilih tema dan kalimat dalam menulis artikel yang sesuai dengan kalangan/kelompok pembaca.
  • Pastikan bahwa artikel Anda dapat dibaca dengan cepat dan mudah.
  • Periksa kalimat dan paragraf dengan hati-hati untuk memastikan bahwa kata-kata mengalir lancar dan benar. Setiap alenia harus bertema sama yang dikembangkan dalam satu atau lebih kalimat yang logis (plot).
  • Pastikan dalam menulis artikel, membuat kalimat yang terstruktur dengan baik dan tata bahasa yang benar. Kata-kata pertama dari artikel Anda adalah sangat penting untuk menarik perhatian pembaca Anda.
  • Memeriksa artikel ketika selesai menulis, kemudian periksa ejaan sekali lagi setelah mengedit atau membuat perubahan.
  • Setelah selesai menulis, baca kembali artikel beberapa kali.

Sangat mudah untuk membuat kesalahan menulis artikel, terutama jika terburu-buru, sementara pembaca mungkin mengabaikan setiap kesalahan. Namun, banyaknya kesalahan yang Anda buat, akan semakin sedikit pembaca memaafkan Anda. Pembaca serius akan mempertimbangkan bahwa pengalaman penulisan anda tidak layak dibaca jika tulisan Anda ceroboh dan penuh kesalahan.

Dan jangan lupa, seringlah berlatih menulis serta banyak membaca agar ide tulisan semakin melimpah.

 

Tips Menulis Artikel – Lentera Kecil

Rekomendasi Artikel

loading...
Comments
  1. ya setuju gan.. luar biasa nih infonya thx 🙂

    salam,
    dhamz

ADD YOUR COMMENT