Manfaat Mandi Uap dan Sauna untuk Kesehatan

kesehatan mandi uap saunaMandi uap merupakan mandi dengan menguapi seluruh badan agar kesehatan peredaran darah menjadi lancar. Tempat (ruang) mandi uap biasa di sebut dengan sauna. Bahkan di dunia kedokteran pun, praktisi medis mendukung penggunaan sauna dan mandi uap untuk manfaat fisik dan mental. Berada di sauna benar-benar membawa perasaan dan perbaikan suasana hati untuk setiap orang. Namun, selain dari manfaat sauna untuk kulit, ada manfaat lain dengan mandi uap. Efek mandi uap dapat membuat tidur lebih baik untuk produksi sel-sel yang sehat.

Berikut beberapa hal manfaat mandi uap di sauna untuk Anda

Menghirup udara bersih dan lembab di sauna membantu dalam pernapasan karena suhu di ruang sauna dapat membantu membersihkan dekongestan apapun di udara. Udara bersih dan lembab meningkatkan pembersihan jalan bagi paru-paru dan pernapasan, dengan demikian dapat meningkatkan mental dan fokus konsentrasi. Suasana santai akan membantu Anda menciptakan tidur malam yang baik. Dan telah terbukti membantu orang mengatasi insomnia. Jika aromaterapi ditambahkan untuk pengobatan, ini menggandakan efek relaksasi dari sauna.

Dianjurkan untuk tetap diam di dalam sauna untuk membantu diri sendiri dan orang lain untuk rileks dan bermeditasi. Manfaat mental sangat membantu bagi orang yang stres dan perlu penenang pikiran mereka. Panas di dalam sauna meningkatkan aliran darah dan membantu orang-orang untuk menyantaikan otot dan sendi. Hal ini menjadi pijatan tubuh secara keseluruhan yang meredakan ketegangan dari semua bagian tubuh yang akhirnya meningkatkan produksi sel darah putih (sel yang secara alami berperang melawan penyakit dalam tubuh).

Sebuah kegiatan di sauna memungkinkan untuk melepaskan racun dari tubuh. Dengan panas yang ada, pori-pori kulit Anda terbuka dan akibatnya membersihkan racun yang dikeluarkan melalui keringat. Segera setelah Anda meninggalkan sauna, Anda dapat melihat kulit Anda terasa segar untuk beberapa jam ke depan seperti diremajakan.

Ada banyak sauna saat ini terutama di kota-kota besar. Pada saat ini, layanan mandi uap di sauna ini diberikan kepada pria dan wanita serta anggota keluarga untuk mengurangi meredakan stres mereka. Sauna membawa banyak manfaat kesehatan. Jadi jika Anda hanya menghabiskan beberapa menit di sauna, memiliki banyak manfaat kesehatan untuk membuat Anda merasa lebih baik di dalam maupun setelah  keluar.

Hanya saja untuk ukuran masyarakat umum, mandi uap di sauna biaya relatif mahal dan terbatas hanya pada kota tertentu, meski manfaat bagi kesehatan dapat diperoleh.

 

 Disarikan dari beberapa sumber – Lentera Kecil


Tag artikel: , ,
Kategori: Pengetahuan Umum
6 komentar » Manfaat Mandi Uap dan Sauna untuk Kesehatan
  1. alfatunnisa mengatakan:

    mandi sauna sagat bermanpaat bagi kita ni yang suka setres hehehe yuk sauna biar semangat dan sehat

  2. Photrot mengatakan:

    Kunjunga balik bos, info yang sangat menyegarkan

  3. stupid monkey mengatakan:

    terpaksa deh mandi air dingin dulu aja sob ;)

  4. TONNYS mengatakan:

    hehe..pengen mandi uap tapi kantong gak cukup mas :)

1 Pings/Trackbacks for "Manfaat Mandi Uap dan Sauna untuk Kesehatan"
  1. [...] Mandi Uap dan Sauna untuk Kesehatan Ditulis 31 Desember 2011 oleh LenteraK — 6 komentar – dibaca 6.542 [...]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

SEKILAS INFO !
Artikel Terbaru
Komentar Terakhir
Recommend us on Google!

Info



Spam