NISN Data SiswaMengapa Data Siswa NISN tidak keluar? Pertanyaan ini pasti muncul ketika mencari Data Siswa – NISN, namun tidak muncul di kolom hasil pencarian website http://nisn.data.kemdiknas.go.id

Perlu diketahui, website milik kemdiknas ini merupakan peralihan dari website dapodik.org yang mulai dikembangkan pada tahun 2006 oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri dikenal dengan Biro PKLN Depdiknas di masa itu.

Mulai Desember 2011 Tim DAPODIK Biro PKLN sesuai keputusan dan kebijakan PDSP, agar tidak terjadi dualisme sistem DAPODIK, layanan pada situs dapodik.org telah ditutup pada tanggal 1 Januari 2012. Dan mulai saat itu sistem Nomor Induk Satuan Pendidikan (NISP) dan Nomor Induk Peserta Didik dikelola oleh Pusat Data Statistik Pendidikan (PDSP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mengapa Data Siswa NISN tidak keluar?

Kemungkinan bisa disebabkan oleh:

  1. Proses Data masih/sedang berlangsung.
  2. Data Siswa belum diajukan.
  3. Kesalahan input data yang menimbulkan perbedaan isian data antara data base dengan data pencarian.
  4. Server http://nisn.data.kemdiknas.go.id mengalami masalah

Langkah apa jika Data Siswa NISN tidak keluar?

Untuk siswa yang bersangkutan, dapat menanyakan langsung kepada Kepala Sekolah atau petugas operator sekolah yang ditunjuk. Apakah data siswa NISN sudah dikirim (input)? Jika sudah, cek kembali ke-valid-an data yang telah dikirim. Jika belum?

Bisa mengajukan permohonan baru NISN dengan cara:

  1. Gunakan Formulir A.1. yang telah diisi data siswa dengan benar dan ditandatangani oleh Kepsek berikut stempel sekolah. Kemudian Formulir A.1. di scanner dan disimpan dalam format file pdf .
  2. Kirim Formulir A.1. yang telah diisi lengkap tersebut ke email nisn_pdsp@yahoo.com dengan subject:  “Pengajuan NISN Baru dari Sekolah…. (sebutkan nama sekolah)”

Jika Data Siswa keluar, namun salah, atau tidak sesuai dengan data sebenarnya.

  1. Gunakan Formulir A.3. Kemudian lakukan langkah yang sama dengan di atas.
  2. Kirim Formulir A.3. yang telah diisi lengkap tersebut ke email nisn_pdsp@yahoo.com dengan subject:  “Pengajuan Edit Data Siswa – NISN dari Sekolah…. (sebutkan nama sekolah)”

Jika terjadi kesalahan, kerusakan atau kehilangan kartu NISN, silakan dilaporkan ke operator NISN/NPSN sekolah dimana NISN tersebut diterbitkan.

Jika memiliki 2 NISN gunakan NISN yang paling kecil kodenya. Untuk yang tidak digunakan segera melapor ke operator Data Siswa NISN sekolah asal untuk penghapusan.

Catatan: Sebaiknya permohonan baru, perbaikan data siswa NISN  dilakukan secara kolektif dan dikirim oleh pihak sekolah (operator).

Formulir dapat di download di: http://nisn.data.kemdiknas.go.id/Home/Formulir

Jika ada pertanyaan, kirim email ke Pusat Data Statistik Pendidikan (PDSP) Kemdikbud dengan alamat pdsp@kemdikbud.go.id .

Cara mencari NISN | Data Siswa online