daftar iklan mgid

Cara Menghilangkan Noda di Baju Berwarna

Noda yang menempel pada baju memang kadang membuat banyak orang jengkel. Orang tua yang memiliki anak berusia kanak-kanak tentu akan selalu kerepotan jika berurusan dengan noda pakaian. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara menghilangkan noda di baju berwarna dengan benar.

Cara Menghilangkan Noda di Baju Berwarna

Cara Menghilangkan Noda di Baju Berwarna

Selain merusak serat kain pada pakaian, noda juga sering mengganggu penampilan. Tak hanya noda pada baju putih, noda pada baju berwarna pun juga kerap kali susah untuk dihilangkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi, beberapa tips berikut mungkin bisa membantu Anda dalam mengatasi permasalahan noda tersebut.

Menghilangkan Noda Pada Pakaian Berwarna

Pada dasarnya, beberapa cara menghilangkan noda pada pakaian putih di atas juga bisa diterapkan pada pakaian yang berwarna. Namun, cairan pemutih termasuk jenis cairan yang sangat kuat sehingga bisa menghilangkan warna asli pada pakaian Anda. Tentu Anda tidak mau jika pakaian berwarna yang sering digunakan menjadi kusam. Nah, dibandingkan menggunakan cairan pemutih maka ada baiknya mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Menggunakan Baking Soda

Baking soda tidak hanya menjadi bahan penting dalam proses pembuatan kue. Baking soda juga bisa Anda gunakan untuk membersihakan pakaian berwarna yang terkena luntur ataupun noda membandel. Jika ingin mencobanya maka silahkan mencampurkan baking soda dengan deterjen secukup kemudian aplikasikan pada baju yang terkena luntur tersebut. Setelah itu bilaslah baju dengan air lalu jemur di bawah sinar matahari langsung.

Lentera kecil:  Manfaat Isi Gas Nitrogen Untuk Ban Mobil

2. Cairan Pelarut atau Alkohol

Cairan pelarut semacam alkohol juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan noda luntur pada baju berwarna Anda. Cukup meneteskan cairan alkohol pada permukaan kain putih kemudian menekan-nekannya pada bagian baju yang terkena noda. Noda yang terkena cairan tersebut maka secara perlahan akan memudar. Ketika sudah merasa bersih, silahkan membilas pakaian berwarna dengan menggunakan air hangat lalu cuci seperti biasa. Ulangilah proses tersebut hingga noda pada baju berwarna Anda benar-benar hilang.

Menghilangkan Noda Pada Pakaian Putih

Warna putih termasuk jenis warna yang paling merusak penampilan saat terkena oleh noda. Selain karena warnanya yang mencolok, baju berwarna putih yang terkena noda ataupun luntur juga sangat susah untuk dikembalikan ke warna putih aslinya. Nah, jika Anda memiliki noda pada baju putih, silahkan mencoba beberapa tips berikut ini.

Lentera kecil:  Memperingati Hari Handuk Internasional

1. Menggunakan Pemutih Tanpa Klorin

Bahan pemutih tanpa klorin termasuk jenis larutan yang sangat efektif dalam menghilangkan noda ataupun luntur pada pakaian berwarna putih. Akan tetapi, cairan ini termasuk jenis bahan yang sangat kuat untuk digunakan pada pakaian yang menggunakan bahan lembut.

Jika ingin menggunakan pemutih ini maka masukanlah pakaian yang terkena noda tersebut ke dalam mesin cuci. Setelah itu, tuangkan sekitar satu takaran tutup botol pemutih ke dalam mesin cuci. Jika Anda tidak mencuci dengan mesin cuci maka siapkan satu tutup botol cairan pemutih setelah itu tuangkan ke dalam satu ember yang berisikan air dingin.

Kemudian celupkan pakaian yang terkena luntur atau noda tersebut dan diamkan sekitar satu hingga dua jam. Selanjutnya, silahkan mencuci pakaian tersebut seperti biasanya.  Jangan lupa untuk selalu mengikuti petunjuk ataupun rincian takaran dari larutan pemutih yang Anda gunakan.

2. Mengikuti Petunjuk Pencucian Pada Label Baju

Salah satu cara yang paling tepat untuk menghilangkan noda ataupun luntur pada pakaian ialah dengan membaca petunjuk pencucian pada label baju. Perlu Anda ketahui jika setiap pakaian memiliki bahan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, banyak perusahaan pakaian yang memasang petunjuk pencucian pada setiap label pakaian. Petunjuk pada label tersebut juga sangat berpengaruh terhadap kualitas baju Anda sehingga tidak mudah luntur dan juga rusak meskipun telah dicuci berulang kali.

Lentera kecil:  Negara Dengan Tingkat Inflasi Tertinggi dan Penyebabnya

3. Menggunakan Rinso Anti Noda Deterjen Cair Classic Fresh

Langkah terakhir yang bisa Anda coba ialah dengan menggunakan produk dari Rinso Anti Noda Deterjen Cair Classic Fresh. Langkah pertama ialah silahkan menyediakan air panas ke dalam baskom pakaian. Jangan lupa untuk menggunakan air panas sesuai petunjuk yang diberikan pada label pakaian Anda.

Setelah air panas telah siap maka tuangkanlah larutan Rinso Anti Noda Deterjen tersebut ke dalamnya. Anda harus merendam pakaian yang terkena noda luntur tersebut kurang lebih selama 30 menit atau selama 3 jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah itu silahkan mencuci pakaian Anda menggunakan mesin cuci. Jika noda masih ada maka silahkan mengulangi kembali proses tersebut hingga noda luntur benar-benar hilang.

Cara Menghilangkan Noda di Baju Berwarna


Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *