Asuransi Jiwa dan Premi Asuransi sebagai Bagian dari Perencanaan Keuangan

Asuransi Jiwa dan Premi Asuransi

Kepemilikan polis asuransi bisa menjadi sebuah pilihan untuk mendapatkan keamanan finansial sekaligus mendapatkan ketenangan hati serta pikiran.

Hal tersebut bisa diperoleh karena kepemilikan polis asuransi yang diiringi dengan melakukan kewajiban membayar premi asuransi akan memberikan pertanggungan risiko atas apapun yang disepakati dalam polis.

Ada beragam jenis asuransi yang bisa dipilih untuk memperoleh perlindungan atau keamanan finansial atas beragam risiko. Mulai dari asuransi jiwa hingga asuransi harta benda seperti mobil ataupun rumah.

Kepemilikan asuransi jiwa bisa memberi perlindungan finansial bagi keluarga atau ahli waris, terutama ketika mereka kehilangan pencari nafkah dalam sebuah keluarga.

Anda selaku kepala keluarga alias pencari nafkah utama harus pelajari tentang asuransi jiwa sebagai bagian dari perencanaan keuangan terbaik.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan salah satu jenis produk asuransi. Sesuai namanya, produk asuransi ini memberikan uang pertanggungan untuk melakukan penggantian atas dampak kehilangan pendapatan akibat seseorang yang meninggal dunia.

Asuransi atau uang pertanggungan ini akan diberikan pada ahli waris dari seseorang yang meninggal ketika orang tersebut memiliki polis asuransi jiwa.

Satu hal yang bisa Anda pelajari tentang asuransi jiwa adalah perannya sebagai salah satu bentuk perencanaan keuangan. Kepemilikan asuransi jiwa bisa menjadi pelengkap dari kepemilikan asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan akan memberi perlindungan dari pengeluaran akibat sakit atau masalah kesehatan, sedangkan asuransi jiwa bisa menjadi semacam tabungan yang akan dibuka ketika pemegang polis meninggal.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapat langsung dari kepemilikan asuransi jiwa. Salah satunya sebagai solusi untuk melunasi hutang atau kredit yang dimiliki oleh pemegang polis semasa masih hidup.

Sehingga ahli waris tidak mendapat warisan berupa kewajiban membayar hutang milik almarhum.

Manfaat lain yang bisa diperoleh adalah sebagai solusi pembiayaan pendidikan jika pemegang polis asuransi masih memiliki anak di usia sekolah.

Artinya, ada payung pelindung atau jaring pengaman finansial yang memungkinkan anak tetap mendapat pendidikan yang layak meski kehilangan ayah atau orangtua.

Uang jaminan asuransi juga bisa digunakan sebagai modal usaha ketika pemegang polis asuransi jiwa merupakan tulang punggung keluarga meninggal.

Itu berarti, keluarga yang ditinggalkan akan dihadapkan pada risiko yang lebih kecil mengalami kesulitan ekonomi ketika kehilangan pencari nafkah utama. Ini bisa menjadi sebuah skema keamanan finansial bagi sebuah keluarga.

Sedangkan bagi keluarga yang mapan dan tidak memiliki permasalahan berarti ketika kehilangan anggota keluarga yang menjadi pemegang polis asuransi jiwa, maka uang pertanggungan dari asuransi bisa menjadi bagian dari warisan.

Ada beberapa jenis asuransi jiwa yang bisa dipilih dan bisa disesuaikan dengan skema atau perhitungan pilihan keluarga atau pemegang polis.

Salah satu yang bisa dipilih adalah asuransi jiwa seumur hidup, artinya asuransi ini memberikan pertanggungan jiwa yang berlaku seumur hidup dengan premi tetap.

Pilihan lain adalah asuransi jiwa berjangka yang memberi jaminan uang pertanggungan pada durasi atau jangka waktu tertentu yang disepakati oleh nasabah dengan perusahaan asuransi. Ada beberapa macam skema premi dan pertanggungan untuk jenis asuransi jiwa ini.

Lalu, apa itu premi asuransi?

Mengenal Premi Asuransi Sebagai Bagian Dari Perjanjian Polis Asuransi

Anda yang ingin mengenal apa itu premi asuransi, jenis, dan tujuannya bisa mendapatkan informasi singkat dari uraian berikut. Sebuah polis asuransi akan berisi hak dan kewajiban dari dua pihak yang berperan sebagai nasabah atau tertanggung dan perusahaan asuransi sebagai penanggung.

Salah satu hak nasabah adalah mendapat uang pertanggungan sesuai dengan perjanjian yang ada di dalam polis. Sedangkan kewajiban nasabah adalah membayar premi asuransi.

Premi asuransi merupakan sejumlah uang yang dibayarkan oleh nasabah pada perusahaan asuransi sebagai bagian dari kesepakatan untuk mendapatkan perlindungan finansial berupa uang pertanggungan.

Premi ini bisa dibayarkan secara teratur dengan nilai yang sesuai dengan kesepakatan dalam polis asuransi.

Dengan skema perlindungan yang fleksibel, nasabah sebagai pihak tertanggung bisa mengatur atau memilih besarnya premi yang dibayarkan pada perusahaan asuransi sebagai penanggung.

Kesepakatan ini akan berkaitan dengan besarnya uang dan durasi pertanggungan yang disediakan oleh perusahaan asuransi.

Besarnya premi umumnya juga dipengaruhi oleh coverage atau perlindungan atas ragam risiko yang diberikan oleh asuransi.

Asuransi kesehatan full coverage akan memiliki premi yang lebih besar jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan rawat jalan karena perlindungan yang berbeda.

 

Asuransi Jiwa dan Premi Asuransi sebagai Bagian dari Perencanaan Keuangan

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.