Inilah Beberapa Keluhan Saat Haid yang Sering Dialami Oleh Para Wanita

Bagi wanita di usia subur, mendapatkan menstruasi setiap bulannya secara lancar patut untuk disyukuri. Karena ada beberapa wanita yang mengalami kondisi menstruasi tidak lancar.

Beberapa Keluhan Saat Haid

Muat Lebih

Saat menstruasi, biasanya juga disertai dengan beberapa keluhan. Mulai dari perubahan mood yang swing, hingga keluhan nyeri pada beberapa bagian anggota tubuh. Hal inilah yang membuat beberapa wanita sedikit kesusahan saat menghadapi tamu bulanannya.

Keluhan-keluhan yang terjadi pada masing-masing wanita bisa berbeda-beda. Seperti nyeri haid misalnya, ada yang merasakan tetapi tidak begitu parah, namun ada juga yang mengalami kondisi ini dalam tahap parah hingga tidak bisa beraktivitas dengan normal.

Umumnya penyebab nyeri haid ini karena adanya kontraksi di dalam rahim atau kandungan. Kontraksi otot rahim ini disebabkan karena hormon prostaglandin meningkat kadarnya tepat sebelum haid pertama dimulai.

Pada wanita, siklus menstruasi berlangsung 28 hari, atau ada juga yang mengalami antara 21-35 hari. Selama. Siklus menstruasi yang demikian terbilang baik dan bisa menandakan jika sistem reproduksi baik-baik saja.

Untuk mengetahui siklus menstruasi Anda berjalan baik atau tidak, Anda bisa melakukan kalkulator masa subur haid tidak teratur dan tidak teratur.

Beberapa Keluhan Saat Haid yang Sering Dialami Oleh Para Wanita

Saat menjelang menstruasi atau pada hari menstruasi, beberapa wanita biasanya akan mengalami berbagai keluhan-keluhan, seperti nyeri haid.

Namun keluhan-keluhan wanita saat haid tiba tidak terbatas untuk hal itu saja, ada banyak kondisi lainnya yang biasanya timbul, seperti:

  1. Kram perut.
  2. Tubuh lemas berlebihan.
  3. Nyeri punggung.
  4. Gumpalan darah.
  5. Mood yang sering berubah-ubah.
  6. Mengalami infeksi vagina.
  7. Mual.
  8. Nyeri pada payudara.
  9. Kembung.

Saat mengalami berbagai keluhan tersebut, sebaiknya Anda tidak lantas ke dokter. Namun lakukan upaya penyembuhan terlebih dahulu. Seperti ketika mengalami kram perut, Anda bisa menggunakan kantong atau botol berisi air hangat dan meletakkannya di atas perut.

Dan jika keluhan berupa badan lemas berlebihan, bisa dibantu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Sedangkan untuk urusan kenyamanan beraktivitas selama menstruasi, Anda bisa menggunakan pembalut Laurier yang mampu menampung darah menstruasi dengan baik.

 

Beberapa Keluhan Sering Dialami Wanita Saat Haid 

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *