daftar iklan mgid

Cara Promosi di Instagram Untuk Pemula yang Efektif

Saat ini media sosial dianggap merupakan salah satu cara untuk mempromosikan produk sekaligus sebagai media marketing digital (online). Meskipun tidak selengkap marketplace, namun media sosial terbilang cukup ampuh dan mudah jika dikelola dengan baik. Salah satunya adalah Instagram. Bagaimana cara promosi di Instagram yang efektif terutama bagi pemula? Ikuti uraian di bawah ini.

Cara Promosi di Instagram

Cara Promosi di Instagram

Mengapa Instagram? Pengguna Instagram di Indonesia menurut data Napoleon Cat, mencapai 69,2 juta orang, pada periode Januari-Mei 2020. Tentu saat ini sudah bertambah. Dan hal ini menjadi peluang pasar yang cukup menggiurkan bagi pebisnis online, baik itu pebisnis besar, pebisnis kecil, pebisnis lama maupun pebisnis pemula.

Dibandingkan media sosial lain, yang bisa dijadikan media bisnis online juga, Instagram memiliki kelebihan konten foto dan video yang ada lebih menarik. Sehingga minat pengguna media sosial ini semakin bertambah dibandingkan media sosial lainnya.

Awalnya Instagram merupakan aplikasi jejaring sosial yang digunakan untuk berbagi foto dan video melalui ponsel pintar. Namun, pada tahun 2012 Instagram diakuisisi oleh Facebook dan kemudian menambah fitur layanan baru seperti Instagram Direct, Instagram Stories, Instagram Question yang berfungsi dapat berinteraksi dengan para pengguna lainnya.

Seiring waktu Instagram pun membuka peluang bagi para pelaku bisnis untuk melakukan bisnis di platform jejaring sosial ini. Berbagai fitur-fitur sebagai penunjang bisnis, seperti iklan berbayar maupun posting organik telah ditambah untuk menunjang keberhasilan bisnis.

Sudah banyak perusahaan kelas bawah hingga atas, bahkan individu, menggunakan cara promosi di Instagram baik itu yang gratis maupun berbayar, karena produk atau usaha yang dirintis bisa cepat dikenal dengan cepat lewat konten-konten yang di-upload.

Lalu, bagaimana cara promosi di Instagram yang efektif, khususnya bagi pemula?

Lentera kecil:  Cara Setting Aplikasi Speeder yang Benar

Buat Akun Bisnis Instagram

Yang pasti terlebih dahulu menginstall aplikasi Instagram dan kemudian bergabung. Meskipun ada website instagram, namun sangat disarankan install di smarphone Android atau iOs.

Kemudian buat akun bisnis, jika menggunakan akun pribadi akan kurang efektif untuk berbisnis. Akun bisnis instagram akan menjadikan lebih profesional dan mudah dikelola. Caranya sebagai berikut:

  • Klik tombol “Settings” yang ada profil bagian kanan.
  • Pilih menu “Account”.
  • Klik menu “Switch to Business Account”.
  • Setelah itu akan dialihkan ke halaman “Describes You”. Ada dua pilihan yaitu “Creator”, untuk public figure maupun influencers dan “Business”, untuk jualan
  • Pilih kategori yang sesuai dengan akun Instagram.
  • Selesai dan profil sudah berubah menjadi akun bisnis

Promosi Melalui Instagram Story

Instagram Story (InstaStory) merupakan salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan untuk cara promosi di Instagram. Caranya cukup mudah.

  • Posting foto atau video produk yang akan dipromosikan.
  • Disini bisa tag sejumlah akun Instagram lain yang memungkinkan bisa me-repost ulang postingan tersebut.
  • Klik jika sudah,dan postingan tersebut telah menjadi sebuah story.
  • Story tersebut cuma bertahan selama 24 jam, namun bisa diatur akan tampil berulang.

Promosi Melalui Iklan

Promosi Iklan Gratis

Salah satu strategi jualan di Instagram yang murah dan efektif adalah promosi iklan melalui penawaran dari perusahaan digital yang menyediakan program beriklan gratis di Instagram. Umumnya syarat yang ditentukan adalah harus follow dan dan mention akun Instagram mereka. Kemudian, mengirimkan informasi semenarik mungkin seputar bisnis atau konten yang dikelola.

Promosi Iklan Berbayar

Lentera kecil:  Penyebab Iritasi dan Perawatan Kulit Pada Bayi

Jika memiliki dana yang cukup, cara promosi di Instagram dengan menggunakan Instagram Ads, cukup ampuh. Hanya saja, harus mengikuti Kebijakan Periklanan Facebook. Langkah ini cukup mudah, seperti yang dikutip dari laman resminya.

  • Buka profil.
  • Ketuk postingan yang ingin kamu promosikan.
  • Di bawah gambar postingan, ketuk promosikan.
  • Isi detail promosi kamu dengan mengatur informasi, seperti destinasi (tempat kamu ingin mengarahkan orang); pemirsa (siapa yang ingin dijangkau); anggaran (jumlah pengeluaran harian); dan durasi (berapa lama ingin menjalankan promosi).
  • Ketuk Berikutnya setelah mengisi detail tersebut.
  • Jika tidak menautkan akun profesional Instagram ke Halaman Facebook saat penyiapan, kamu akan diminta untuk menghubungkan Halaman. Kamu bisa memilih Halaman yang sudah ada atau mengetuk Lewati.
  • Jika mengetuk Lewati, kamu tidak akan melihat langkah ini saat mempromosikan postingan selanjutnya. kamu masih bisa menghubungkan Halaman Facebook ke profil kamu kapan saja
  • Untuk menyelesaikan promosi, ketuk Buat Promosi dalam Tinjauan.
  • Setelah mengetuk Buat Promosi, promosi kamu akan ditinjau oleh Instagram untuk memastikan kesesuaiannya.
  • Biasanya, promosi ditinjau dalam 60 menit, akan tetapi dalam beberapa kasus proses peninjauan bisa berlangsung lebih lama.
  • Promosi kamu akan mulai ditayangkan setelah ditinjau dan disetujui.

Cari Followers 

Memiliki jumlah followers yang banyak di instagram akan memiliki juga peluang penjualan menjadi lebih banyak. Oleh karena itu mencari followers sebanyak mungkin sangat disarankan yang nantinya bisa menjadi pelanggan setia.

Informasi penting yang berkaitan dengan jumlah follower yaitu berkenaan dengan tingkat keterlibatan (Engagement Rate) di Instagram. Selain follower, tingkat Engagement Rate Instagram dipengaruhi juga oleh waktu posting, frekuensi posting, komentar, like dan dan algoritma Instagram.

Semakin tinggi Engagement Rate sebuah postingan di Instagram, maka kemungkinan besar dapat menarik followers lainnya untuk ikut berkomentar, sehingga semakin besar kemungkinan terjadinya transaksi penjualan. Jika ingin mendapatkan komentar yang banyak dan juga like dan repost, bisa menggunakan jasa komentar dari RajaKomen.

Lentera kecil:  Saatnya Onlinekan Bisnis melalui Website Bersama DomaiNesia
rajakomen.com
Tampilan homepage RajaKomen.com

Memanfaatkan Fungsi Hashtag

Strategi promosi di Instagram yang juga cukup mudah yaitu dengan memanfaatkan fungsi hashtag (simbol #) yang ada di Instagram. Simbol sederhana ini bisa meningkatkan brand maupun atau konten. Selain itu, fungsi hashtag di Instagram ini bisa digunakan untuk mencari sesuatu secara spesifik sehingga postingan atau konten bisa terjangkau oleh pengguna dengan cakupan yang lebih luas.

Cantumkan hashtag berupa merek, nama perusahaan, promosi dan hal-hal menarik lainnya yang akan dipromosikan. Misalkan #jualbarumurah, #Ayomakanenak, dll. Pintar-pintarlah  memilih hashtag yang sesuaikan dengan konten yang ingin dipromosikan.

Diskon dan Giveaway

Selain cara promosi di Instagram di atas, jika memiliki dana lebih adalah mengadakan diskon khusus dan Giveaway. Banyak pebisnis besar menggunakan strategi ini untuk menaikkan omzet penjualan.

Program Giveaway dengan membagikan produk secara gratis sebagai hadiah dan memberikan diskon dengan persyaratan tertentu. Misalkan harus follow sosial media, pencet love, share, tag temannya pada kolom komentar, dan lain sebagainya. Cara seperti ini juga terbukti dapat meningkatkan follower dan engagement akun Instagram.

Mengetahui cara promosi di Instagram yang efektif serta memiliki strategi jualan yang tepat akan menjadikan bisnis semakin maksimal melalui media sosial. Terutama Instagram yang dianggap mempunyai kekuatan yang luar biasa sebagai sarana bisnis online oleh para pebisnis. Setidaknya cara promosi diatas bisa menjadi dasar yang selanjutnya dapat dikembangkan sesuai kebutuhan.

 

Cara Promosi di Instagram Untuk Pemula yang Efektif

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *