daftar iklan mgid

Depo Container, Pengertian dan Manfaatnya Untuk Kegiatan Logistik

Container atau peti kemas, adalah gudang kecil berjalan yang dapat digunakan untuk mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain. Container dinilai lebih aman untuk proses pengiriman barang, efisien karena mudah dipindahkan dan tidak perlu membongkar isi muatan. Dalam pelaksanaannya, diperlukan depo container untuk menunjang proses logistik. Berikut penjelasan lengkapnya!

depo container

Apa Itu Depo Container?

Adalah tempat penyimpanan peti kemas kosong sekaligus sebagai tempat penumpukan, pembersihan, perbaikan, perawatan, pemuatan, pembongkaran, pelaksanaan survei kontainer ketika kontainer tersebut keluar ataupun masuk, dan kegiatan lain yang dapat mendukung kelancaran penanganan kontainer, baik dalam kondisi empty atau kosong dan full atau isi.

Depo ini memiliki peran penting terlebih dalam kegiatan perekonomian. Karena dapat membantu kegiatan ekspor impor mulai dari memperlancar arus lalu lintas angkutan barang dan kontainer, hingga mengefisienkan supply chain untuk perdagangan internasional. Sementara untuk sistem logistik nasional, depo ini dapat meningkatkan efisiensi tata niaga maupun tata kelola.

Artikel rekomendasi Lentera kecil :  Lantai16 - Jasa Pembuatan Aplikasi Android dan iOS

Namun tak bisa sembarangan, karena pengadaan tempat bongkat muat ini harus berdasarkan standar Institute of International Container Lessor (IICL). IICL sendiri adalah asosiasi perdagangan internasional penyedia container laut. Sehingga kontainer depo wajib memberikan jasa penyimpanan kontainer yang telah memenuhi syarat dari pemilik kontainer, pemerintah, serta Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (ASDEKI).

Apa Manfaat Depo Container?

Peran depo peti kemas tak hanya digunakan sebagai tempat penyimpanan, penumpukan, pembersihan, perbaikan, perawatan, pemuatan, pembongkaran hingga pelaksanaan survei kontainer saja, namun juga bermanfaat untuk melancarkan arus barang di pelabuhan, meningkatkan efisiensi supply chain dalam proses bongkar muat, memperlancar arus lalu lintas, hingga menunjang kegiatan ekspor impor.

Tak hanya itu, depo ini juga dapat mengurangi dwelling time atau waktu tunggu ketika memindahkan kontainer dari pelabuhan. Pasalnya waktu tunggu yang panjang dapat berakibat pada penumpukan petikemas di lapangan, sehingga dapat merugikan produktivitas terminal.

Artikel rekomendasi Lentera kecil :  Sudah Saatnya Menunjang Bisnis Luar Negeri Anda dengan Memanfaatkan digibank Transfer Valas

Kegiatan Penting di Depo Container

Berikut ini kegiatan penting yang ada di depo petikemas, mulai dari pembersihan hingga penyimpanan.

Pembersihan

Petikemas tentu tidak hanya digunakan untuk satu kali pakai, melainkan digunakan berulang kali sesuai kebutuhan. Untuk itu tak heran jika kontainer memerlukan pembersihan dan perawatan khusus.

Pembersihan atau pencucian kontainer bertujuan untuk menjaga barang muatan di dalamnya, agar tidak mengalami perubahan bentuk, rasa, ukuran, warna, maupun bau. Setelah barang selesai dikirim, kontainer perlu segera dicuci agar kebersihannya tetap terjaga.

Perawatan

Karena peti kemas digunakan untuk memindahkan barang dalam jumlah besar, dalam proses pengantaran mungkin saja mengalami pengurangan performa sebut saja kerusakan pada area dalam, lapisan, pintu, atau area peti kemas lainnya. Semakin sering digunakan, tentu akan semakin besar kemungkinan kerusakannya.

Penyimpanan

Peti kemas memiliki ukuran masing-masing bergantung jenis dan ukurannya, sehingga proses penyimpanannya pun harus selalu diperhatikan. Pasalnya container yang disimpan bertumpuk dan berhimpitan, tentu dapat mempersulit kinerja alat pemindah petikemas.

Artikel rekomendasi Lentera kecil :  Dapur Berjalan Cloud Kitchen, Bagaimanakah Menjalankannya?

Untuk itu aktivitas mengatur tempat penyimpanan sangat penting, agar dapat mempermudah alat pemindah ataupun kendaraan lain ketika melewati tumpukan container.

Itulah ulasan mengenai depo khusus petikemas, mulai dari pengertian dan manfaatnya bagi kegiatan logistik. Untuk itu sebelum melakukan pengiriman barang menggunakan kontainer, wajib mengetahui segala hal tentang kebijakan pengiriman hingga proses penyimpanan petikemas.

Anda memerlukan jasa persewaan reefer dan dry container, depo container, ataupun genset? Hagajaya Kemasindo Sarana (HKS) siap membantu memenuhi kebutuhan logistik reefer, leasing, sales, perbaikan dan perawatan, hingga persewaan genset serta transportasi darat. Berdiri sejak 1995, HKS menjadi solusi tepat untuk layanan reefer container di Indonesia.

 

Depo Container, Pengertian dan Manfaatnya Untuk Kegiatan Logistik

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *