daftar iklan mgid

Ingin Nama Domain Yang Menarik? Ikuti 5 Tips Berikut

Nama domain merupakan sebuah kode atau deretan huruf yang biasanya digunakan oleh para pengguna internet untuk menemukan sekaligus mengakses informasi tertentu yang ada pada server komputer dengan jaringan internet yang aktif.

nama domain

Pada dasarnya ketika kita ingin mengakses sebuah informasi di internet, kita harus memasukan alamat IP (Internet Protocol). Alamat IP berupa deretan angka yang cukup panjang dan sulit diingat. Tentu hal ini akan sangat merepotkan bukan?

Maka dari itu, dibuatlah nama domain yang berguna untuk memudahkan pengguna agar bisa secara langsung terhubung ke alamat IP server pada sebuah situs di internet

Di era digitalisasi yang semakin berkembang seperti sekarang ini, memiliki website menjadi hal yang wajib untuk semua pebisnis.Namun bukan sekedar membangun website saja. Agar website itu disukai oleh pengguna internet, sebaiknya Anda memulai dengan memilih nama domain yang menarik.

Nama Domain Yang Menarik

Lalu apa sajakah yang perlu Anda lakukan agar nama domain Anda menarik? Simak tips-tipsnya berikut ini.

Lentera kecil:  Sistem Point Of Sales (POS)

1. Pilih nama yang simpel

Secara naluriah, manusia akan lebih mengingat hal-hal yang simpel dan tidak rumit. Karena itu, agar website Anda mudah diingat, pilihlah nama yang simpel.

Ciri-ciri nama domain yang simpel adalah sebagai berikut:

  1. Terdiri dari padanan kata yang tidak susah dilafalkan dalam bahasa sehari-hari.
  2. Menggunakan kata/kalimat yang pendek. Nama domain sebaiknya tidak terlalu panjang. Maksimal terdiri dari 2 atau 3 kata saja.

2. Gunakan bahasa setempat

Selain padanan kata, saat memilih nama domain sebaiknya gunakan bahasa setempat. Tujuannya agar target pasar yang Anda jadikan sasaran bisa mulai memahami produk atau jasa yang Anda tawarkan sejak mendengar nama domain Anda.

Jika target pasar Anda adalah orang Indonesia maka sebaiknya website yang Anda bangun menggunakan nama domain berbahasa Indonesia yang sudah akrab di telinga. Kalaupun menggunakan bahasa asing sebaiknya gunakan kosa kata yang sudah familiar, seperti “shop”, “service” dan lain lain.

Lentera kecil:  Keberuntungan dari Google

3. Hindari kemiripan nama dengan kompetitor

Salah satu kiat memilih nama domain yang menarik adalah hindari kemiripan nama dengan kompetitor. Hal ini cukup penting selain untuk menjaga orisinalitas nama domain Anda, Anda juga dapat terhindar dari resiko pengunjung yang Anda targetkan “tersesat” mendatangi bisnis yang serupa dengan nama yang mirip dengan nama domain Anda.

4. Pilihlah nama domain yang sama dengan nama bisnis

Saat memilih nama domian, usahakan gunakan nama yang sama dengan nama bisnis Anda. Hal ini bertujuan agar audiens Anda tidak bingung saat mengunjungi situs Anda dan menjumpai dua nama yang berbeda.

Misalnya jika bisnis Anda bernama Sophia Cake Shop. Sebaiknya nama domain Anda pun adalah sophiacakeshop atau padanan nama yang senada dengan itu.

5. Gunakan ekstensi ccTLD

Domain ccTLD atau Country Code Top Level Domain adalah kode ekstensi yang disesuaikan dengan kode negara setempat. Sebagai contoh, untuk Indonesia memakai kode .id, sedangkan untuk Australia adalah .au, Amerika adalah .us.

Lentera kecil:  Berkenalan dengan Alexa Internet web penyedia informasi

Para pakar menyebutkan bahwa ekstensi ccTLD lebih efektif daripada ekstensi .comterutama bagi perusahaan rintisan yang ingin memfokuskan penjualan hanya di negara setempat saja. Dengan ekstensi .id, skala jangkauan audiens terpusat ke satu negara saja sehingga traffic ke website Anda akan lebih optimal dan tepat sasaran.

Setelah membaca pembahasan di atas, Anda jadi tahu bahwa memilih nama domain bisa dibilang gampang-gampang susah.Sebaiknya Anda mencatat beberapa alternatif nama yang menurut Anda sesuai. Perbanyak diskusi dengan rekan kerja, keluarga atau sahabat untuk mengumpulkan ide dari mereka.

Untuk mengecek apakah nama domain yang Anda inginkan masih tersedia atau tidak Anda bisa mengunjungi situs Sitebeat. Selain untuk mengecek ketersediaan nama domain, Sitebeat juga akan menampilkan berapa harga untuk nama-nama yang Anda incar. Yuk, temukan nama domain terbaikmu di Sitebeat.

 

Memilih Nama Domain Yang Menarik


Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *