Kegunaan Kuota Lokal Untuk Apa Saja? Simak Fungsinya Disini

Kuota Lokal Internet

Saat ini provider seluler banyak yang menyediakan paket internet disertai dengan kuota lokal. Kegunaan kuota lokal pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan kuota utama dalam paket internet tersebut. Akan tetapi, kuota lokal hanya dapat digunakan di wilayah dimana Anda mengaktifkan paket internet tersebut dan tidak bisa dipakai ketika sedang berada di luar zona.

Sebagai contoh Anda mengaktifkan paket data saat berada di wilayah kota Jakarta maka kuota lokal cuma berlaku dan dapat dipakai pada zona kota tersebut. Kuota lokal mungkin masih dapat digunakan di luar Jakarta selama masih dalam satu zona. Jika tidak berada pada satu zona, otomatis kuota lokal sudah tidak dapat dipakai dan akan menggunakan kuota utama ketika Anda mengakses internet.

Kegunaan Pemakaian Kuota Lokal Internet

Kuota lokal internet tidak selalu mewakili wilayah satu Kota/ Kabupaten saja melainkan dikelompokkan berdasarkan zona. Adapun zona yang dimaksud bisa saja meliputi satu Kota/ Kabupaten (Karesidenan) ataupun Provinsi tergantung dari masing-masing provider. Konsumen bisa menanyakan lebih lanjut mengenai pembagian zona tersebut langsung kepada penyedia layanan masing-masing.

Pada prinsipnya kuota lokal mempunyai kegunaan yang hampir sama dengan kuota utama dari paket data. Dengan kuota lokal kita tetap bisa melakukan akses internet untuk berbagai keperluan seperti membuka media sosial, browsing, streaming dan sebagainya.

Membeli dan mengaktifkan paket data yang menyediakan kuota lokal dapat menghemat pemakaian kuota utama atau reguler Anda. Selama Anda masih berada di zona yang sama dengan saat mengaktifkan paket internet maka kuota lokal dapat digunakan untuk main game, belanja online, chatting dan aktivitas lainnya yang memerlukan jaringan internet.

Mengapa Kuota Lokal Tidak Bisa Dipakai?

Mungkin Anda pernah mengalami kendala dimana kuota lokal ternyata tidak bisa digunakan untuk mengakses internet. Kondisi semacam itu memang bisa saja terjadi dikarenakan oleh beberapa faktor berikut ini:

1. Lokasi Tidak Masuk Zona

Kalau kuota lokal tidak dapat dipakai, coba cek kembali apakah lokasi Anda sekarang termasuk pada zona yang sama dimana Anda mengaktifkan paket data. Kemungkinan besar lokasi Anda berada saat ini ternyata memang tidak masuk kelompok pada zona yang sama dengan tempat Anda membeli paket internet. Kalau demikian keadaannya sudah tentu kuota lokal tidak bisa dipakai untuk mengakses internet.

2. Kesalahan Saat Membeli Voucher atau Paket Data

Beberapa provider menyediakan voucher khusus untuk zona tertentu Anda bisa mengaktifkannya sesuai wilayah. Namun ketika Anda berada di luar zona pastinya voucher sudah tidak bisa digunakan kuota lokalnya.  Supaya lebih aman, Anda bisa menggunakan cara isi paket data melalui aplikasi Flip saja. Karena selain bebas biaya administrasi, mengisi paket data di Flip lebih praktis dan mudah.

Saat menggunakan Flip, Anda bisa membaca ketentuan penggunaan kuota yang akan dibeli dengan lebih teliti, rinci, dan juga mendetail. Anda bisa membacanya dengan baik dan tidak perlu takut akan diburu-buru oleh penjual maupun pembeli yang lain karena antri. Ini jelas membuat peluang keliru membeli paket data bisa diminimalisir.

Disamping itu, jika Anda mengisi ulang paket data internet lewat Flip jelas tidak perlu pergi kemana-mana. Semua bisa dilakukan dari rumah, kantor, jalan dan dimanapun Anda sedang berada dan membutuhkan kuota. Untuk keamanan juga tidak perlu khawatir karena Flip sudah berada di bawah pengawasan dari Bank Indonesia, sehingga semua transaksi yang Anda lakukan dipastikan aman.

Kesimpulannya, kegunaan kuota lokal paket data internet sebenarnya sama dengan fungsi kuota utama atau reguler. Perbedaannya hanyalah pada wilayah atau zona dimana Anda mengaktifkan paket data tersebut. Hanya saja, memang kuota lokal hanya dapat dipakai di dalam zona yang sama dengan tempat Anda mengaktifkan paket data.

 

Kegunaan Pemakaian Kuota Lokal Internet

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.