daftar iklan mgid

Manfaat Isi Gas Nitrogen Untuk Ban Mobil

Meskipun ban bukan merupakan salah satu komponen mesin mobil, namun ban merupakan bagian dari mobil yang penting. Anda tentu sudah dapat membayangkan keadaan mobil jika tidak ada ban sama sekali, tentu saja mobil tidak bisa berjalan.

 Isi Gas Nitrogen Untuk Ban Mobil

Oleh karena itu ban mobil perlu mendapat perawatan secara rutin agar selalu dapat berfungsi dengan baik. Karena posisinya yang selalu bersentuhan dengan jalan, ban mobil lebih sering mengalami masalah dibanding dengan komponen mobil lainnya, salah satunya adalah bunyi gluduk-gluduk di ban belakang.

Selain itu masalah ban mobil yang sering terjadi adalah ban bocor dan kempis. Ban bocor ataupun kempis dapat membahayakan pengendara mobil. Hal ini dikarenakan kondisi ban yang kempis tidak dapat mendukung jalannya mobil dan akan membuat mobil berjalan tidak tentu arah.

Ban yang bocor atau kempis dapat diatasi dengan dua cara yaitu dengan mengganti ban atau mengisinya kembali dengan udara. Mengganti ban mobil dengan yang baru mungkin sangat tidak praktis dan mahal dibanding dengan mengisi nya kembali dengan udara.

Pengendara biasanya lebih memilih mengisi ban kembali dengan udara nitrogen, dan bisa dijadikan pilihan untuk pengisian ban karena keunggulan-keunggulannya. Manfaat penting isi gas nitrogen untuk ban mobil akan dijelaskan lebih lanjut pada pembahasan berikut ini.

Manfaat nitrogen untuk ban mobil dibandingkan dengan udara biasa.

Dengan mengisi ban dengan udara biasa mungkin lebih murah dibandingkan dengan nitrogen. Namun nitrogen dapat memberikan manfaat lebih kepada ban mobil adalah keunggulan nitrogen bagi ban mobil.

1. Tekanan udara di dalam ban bertahan lebih lama

Seluruh ban yang beredar di pasaran memiliki pori-pori kecil yang berada di lapisan luarnya. Udara bisa perlahan-lahan keluar lewat pori-pori ini sehingga tekanan udara di dalam ban juga perlahan akan berkurang.

Namun berbeda dengan udara biasa, nitrogen memiliki molekul yang lebih besar sehingga tekanan udara tidak mudah berkurang. Molekul yang besar ini membuat nitrogen dapat bertahan lebih lama di dalam ban dibanding dengan udara biasa. Akibatnya tekanan udaranya pun dapat lebih lama bertahan

2. Memperpanjang umur ban dan mencegah korosi

Udara terdiri dari 78% nitrogen dan 21% oksigen serta 1% kandungan lainnya. Jika anda mengisi ban dengan udara biasa kemungkinan akan terjadi oksidasi pada bagian dalam karena kandungan oksigennya yang ada di dalamnya.

Pada kasus tertentu bahkan udara biasa dapat menyebabkan karat pada velg mobil dan membuat ban mobil menjadi lebih cepat tua, namun seperti dalam pengertian nitrogen yang merupakan gas inert kering yang tidak membuat lembab.

Penggunaan nitrogen sebanyak 93 sampai 95% dapat membantu dalam memperlambat penuaan ban dan korosi pada ban mobil karena tidak adanya kelembaban di dalam.

Namun menurut para ahli, ban juga memiliki batas usianya sendiri meskipun oksidasi dan karat pada ban belum terjadi. Mereka menyarankan agar jangan terlalu sering menggunakan mobil dengan ban yang sama.

3. Nitrogen dapat mendukung kerja kendaraan-kendaraan khusus.

Kendaraan-kendaraan khusus seperti mobil balap, pesawat, dan kendaraan berat, sering kali terpapar suhu yang ekstrim sehingga dapat berdampak pada ban mereka.

Nitrogen biasanya digunakan pada kendaraan kendaraan ini karena pada suhu-suhu ekstrem nitrogen lebih stabil sehingga lebih mudah dikendarai.

Suhu ban yang menggunakan nitrogen juga akan lebih dingin dibandingkan dengan bahan yang menggunakan udara biasa. Ini sangat berguna terutama bagi mobil balap yang kestabilan bannya ditentukan dari suhu bannya itu sendiri. Udara biasa tidak cukup kuat untuk mendukung kerja kendaraan-kendaraan khusus seperti yang telah dijelaskan tadi

Udara mengandung kelembaban tertentu yang bervariasi dari ban satu dengan ban yang lainnya. Jika digunakan dalam situasi yang ekstrem banyak diisi dengan udara biasanya akan lebih cepat peningkatan suhu nya karena kelembaban yang ini. Suhu yang tinggi inilah yang membuat ban sulit dikendalikan.

Pengemudi yang mengisi ban dengan nitrogen sebenarnya juga telah menerapkan cara merawat ban mobil dengan baik. Selain mengisi ban dengan nitrogen tips merawat ban mobil lainnya adalah dengan melakukan rotasi ban, memeriksa tekanan dan yang lainnya.

 

Lentera kecil:  Mengenal Jenis-jenis Rambut

Manfaat Isi Gas Nitrogen Untuk Ban Mobil


Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *