daftar iklan mgid

Cara Dasar Membuat Website Untuk Bisnis Online

Saat ini Bisnis online dapat dikatakan sudah dikenal oleh masyarakat luas. Meskipun masih didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar, namun bisnis online bisa juga dilakukan oleh perorangan atau siapa saja yang ingin mengadakan jual-beli melalui internet. Untuk itu, bagi yang ingin berbisnis online, setidaknya ada beberapa dasar yang perlu diketahui.

Website Untuk Bisnis Online

Membuat Website Untuk Bisnis

Sekarang untuk membuat sebuah website sangat mudah dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Orang tidak perlu dipusingkan lagi dengan kode-kode html, php, javascript dan lain sebagainya karena sesuai sudah tersedia secara instan.

Namun untuk membuat website bisnis tentu tidak sekedar membuat seperti website personal atau weblog (blog). Bagaimanapun juga bisnis harus ditangani secara serius, apalagi untuk bisnis online yang mengandalkan sebuah website sebagai “toko” onlinenya.

Untuk itu setidaknya ada 3 dasar untuk membangun sebuah website bisnis online, antara lain

1. Nama Domain Dan Hosting

Meskipun sebagian orang ada yang mengatakan nama domain tidak begitu penting, namun setidaknya nama tersebut bisa “mewakilkan” bisnis apa yang akan dilakukan. Aneh jika nama domainnya “ayamgorengsurabaya.com” tapi menjual perlengkapan otomotif. Oleh karena itu, sebaik memilih nama domain yang mencerminkan usaha secara profesional dengan pilihan kata yang tepat serta mudah diingat.

Lentera kecil:  Cara, Tips, dan Panduan Jitu Membuat Blog Gaming yang Sukses

Yang perlu diperhatikan juga adalah pemilihan hosting. Pengertian hosting secara umum adalah sebuah layanan yang digunakan untuk menyimpan data-data website agar dapat diakses di internet. Oleh karena itu pilih penyedia layanan web hosting yang benar-benar profesional. Jangan terpancing dengan harga murah namun benar-benar murahan.

Sebagai contoh, penyedia hosting Niagahoster yang menawarkan beragam paket hosting yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, apakah itu untuk website company profile, blog pribadi, atau toko online. Karena tiap jenis website tersebut memerlukan keperluan resource yang beragam maka bisa pilih layanan shared hosting, Cloud Hosting, atau VPS hosting.

Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari 10 ribu per bulan, bahkan ada diskon hingga 75% untuk Paket Personal serta garansi 30 hari uang kembali. Jika sudah memiliki domain di registrar lain, bisa transfer domain ke Niagahoster. Bahkan ada promo spesial dan biaya transfer domain murah hanya untuk Anda!

Dengan dukungan LiteSpeed Web Server agar waktu loading website meningkat pesat serta teknologi keamanan Imunify 360 agar website terlindung dari serangan hacker, malware, dan virus berbahaya setiap saat, maka Niagahoster bayak dipilih sebagai hosting untuk bisnis online.

2. Struktur Website

Perkembangan website seiring dengan kemajuan teknologi. Apalagi saat ini website bukan hanya diakses melalui komputer atau laptop, bahkan sudah terlampaui oleh pengguna gadget. Artinya struktur website harus mengikuti perkembangan juga entah itu dari kode-kode terbaru hingga dari segi tampilan. Apalagi untuk website bisnis yang harus selalu dinamis. Dengan kata lain, harus memastikan desain website dapat diakses dengan mudah dari platform mana saja dan jaringan apa saja.

Lentera kecil:  Penggunaan VPS Untuk Performa Website Lebih Baik

Untuk itu, gunakan themes mobile friendly maupun amp agar kecepatan loading website semakin cepat. Selain itu, harus ada navigasi yang jelas di header, body, sidebar dan footer untuk memudahkan pengunjung menelusuri isi website.

Sebaiknya hindari upload file video ke server web, penggunaan flash element (swf) atau penggunaan musik sebagai background karena dapat mengurangi kualitas website.

3. Traffic Pengunjung

Bagaimanapun juga, website bisnis online berhubungan erat dengan trafik pengunjung. Hal ini disebabkan jutaan website bisnis ada di internet karena mudah dibuat semua orang. Oleh karena itu jika tidak tahu bagaimana menarik pengunjung, maka jelas toko online akan sepi karena tidak ada yang datang.

Banyak cara untuk meningkatkan traffic pengunjung website seperti promosi atau meng-SEO-kan. Namun ingat, semua perlu proses karena menaikkan trafik tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Lentera kecil:  Sekilas Tentang Algoritma PageRank

Untuk itu, cara meningkatkan traffic website bisnis dapat dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Isi website dengan membuat konten yang berkualitas. Konten tersebut bisa dalam bentuk artikel, material download, infografis, vlog dan lain sebagainya.
  • Media sosial saat ini menjadi promosi yang ampuh untuk bisnis online. Namun bukan hanya sekedar share produk atau layanan saja namun juga bisa dengan membuat grup (fb, wa, telegram), online webinar, ataupun sharing di grup yang sudah ada.
  • Iklan berbayar masih dianggap promosi yang efektif. Apalagi untuk mendapatkan traffic yang berkualitas bukan perkara mudah, oleh karena itu tidak ada salahnya mencoba Google Ads, Facebook Ads, Email marketing, ataupun dengan jasa influencer.
  • Meskipun terlihat sepele, namun jangan remehkan sumber traffic gratisan dengan cara komentar di web lain, aktif berdiskusi di web forum, ataupun sharing via akun sosial media pribadi kita.

Jika ingin membahas tentang bisnis online tentu sangat panjang. Namun setidaknya dasar untuk membuat website bisnis online telah dirangkum oleh Lentera Kecil Oke. Tentu saja masih banyak lagi faktor yang perlu dibahas, mudah-mudahan bisa diupdate.

 

Cara Membuat Website Untuk Bisnis Online

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *