Presentasi Laporan Hasil OJL Diklat Calon Kepala Sekolah

Presentasi hasil laporan On The Job Learning (OJL) Diklat Calon Kepala Sekolah akan dilaksanakan pada In service learning 2 yang diselenggarakan selama minimal 30 Jam. Sedangkan On The Job Learning (OJL) merupakan praktek lapangan setelah peserta diklat calon kepala sekolah menerima materi pengetahuan, keterampilan dan sikap pada diklat In Service Learning I.

On The Job Learning (OJL) dilakukan dengan magang di sekolah tempat peserta bertugas dan di sekolah lain.  Selama menjalankan OJL, peserta akan ada pendampingan oleh master trainer minimal 3 kali pertemuan untuk membahas kendala yang ada serta pembimbingan dalam penyusunan portofolio dan bahan presentasi.

Presentasi Laporan Hasil OJL

Pada In service learning 2, nantinya peserta diklat calon kepala sekolah akan dinilai hasil portofolio (laporan) dan mempresentasikan hasil kegiatan selama melaksanakan On The Job Learning (OJL) di sekolah magang. Salah satu kendala yang banyak ditemui oleh peserta dalam In service learning 2 adalah presentasi laporan hasil OJL. Penilaian presentasi dilakukan melalui penyajian lisan dan menggunakan alat bantu komputer/PC dengan program aplikasi Power Point. Masih banyak calon kepala sekolah yang belum menguasai komputer dan aplikasi power point.

Materi presentasi berupa Power Point dikumpulkan terlebih dulu dalam satu CD oleh ketua kelompok atau ketua kelas dan diserahkan kepada panitia diklat sebelum pembukaan In-Service Learning 2. Presentasi setiap peserta dilakukan selama minimal 30 menit per peserta. Penilaian menggunakan instrumen yang ditetapkan dalam petunjuk teknis penilaian.

Strategi presentasi hasil On The Job Learning (OJL) Diklat Calon Kepala Sekolah dapat dilakukan dalam bentuk:

  1. presentasi peserta satu per satu dihadapan master trainer;
  2. presentasi peserta satu per satu di depan master trainer dan peserta diklat lain dalam kelas besar;
  3. presentasi peserta satu per satu dihadapan master trainer dan peserta lain dalam kelompok- kelompok kecil.

Contoh power point presentasi hasil (OJL) 

Dari diklat calon kepala sekolah sebelumnya, ada beberapa model power point yang dibuat untuk presentasi hasil OJL. Namun intinya adalah materi presentasi yang menggunakan aplikasi power point ini dapat menjelaskan kegiatan-kegiatan pokok yang telah dilaksanakan selama melakukan On The Job Learning (OJL) bukan pada model atau tampilan power point bagus atau tidak.

Berikut ini contoh presentasi hasil OJL dengan power point sederhana, yang dibuat oleh peserta yang masuk 10 besar untuk tingkat kabupaten.

Untuk contoh power point lain presentasi hasil Ojl dapat dilihat di  Contoh Laporan Presentasi OJL

 

Presentasi Laporan Hasil OJL

Artikel Pendukung

loading...

ADD YOUR COMMENT