Manfaat Bunga Telang, Kembang Bahan Pembuat Teh Biru

  • Whatsapp

Manfaat bunga telang selain dijadikan pewarna alami makanan, juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Bunga Telang

Bacaan Lainnya

Bunga telang salah satu tanaman yang dikenal di Asia Tenggara sampai Eropa. Bunga ini jadi bahan pembuat teh biru yang saat ini sedang digandrungi. Bahkan disajikan di cafe-cafe di berbagai belahan dunia.

Bunga ini memiliki nama latin Clitoria ternatea, warnanya biru keungu-unguan. Tak heran jika diseduh menjadi teh, tehnya pun jadi teh biru.

Orang Malaysia dan Indonesia menamainya teh bunga telang. Sementara di Thailand minuman dari bunga ini dikenal dengan nam dok anchan.

Teh biru ini dikenal juga di cafe-cafe di Eropa, seperti London, Inggris, di sana minuman dari bunga telang ini dinamai magical tea alias teh ajaib.

Manfaat Bunga Telang

Bunga telang kerap dijadikan minuman herbal. Namun, lebih sering dijadikan sebagai bahan pewarna makanan. Di Kelantan, Malaysia, nasi ketan di sana menggunakan pewarna dari bunga telang.

Sementara khasiat bunga telang untuk kesehatan pun beragam. Sejumlah penelitian mengungkap bunga ini baik untuk penderita obesitas. Sementara ada juga yang percaya bunga telang membantu kesuburan perempuan.

Dirangkum dari media online harapanrakyat.com, berikut khasiat bunga telang untuk kesehatan tubuh:

Turunkan Berat Badan

Bunga telang dipercaya membantu menurunkan berat badan. Hal itu terungkap dalam penelitian International Journal of Obesity dan Related Metabolic Disorders.

Teh biru yang terbuat dari bunga telah membantu mengatasi masalah yang timbul akibat obesitas atau kelebihan berat badan.

Dalam jurnal tersebut, juga tercantum manfaat bunga telang untuk mencegah penyakit hati yang diakibatkan bertumpuknya lemak.

Dikatakan juga, teh biru dari bunga telang membantu merangsang pembakaran kalori dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme. Jika dikonsumsi rutin, teh biru ini meningkatkan pembakaran kalori secara alami.

Detoksifikasi Tubuh

Teh biru yang dibuat dari bunga telang juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. Bunga telang memang sudah dikenal membantu detoksifikasi tubuh karena mengandung antioksidan.

Menghilangkan Stress dan Mencegah Penuaan Dini

Manfaat bunga telang dipercaya mampu menghilangkan stress dan mencegah penuaan dini. Teh bunga telang memiliki efek anti-glikasi dan flavonoid yang mampu merangsang produksi kolagen. Kolagen ini yang mampu mencegah penuaan dini. Selain itu, teh bunga telang juga bagus untuk menghilangkan stress dan rasa cemas.

Membersihkan Darah dan Tingkatkan Kesuburan Wanita

Bunga telang  juga dipercaya ampuh untuk membersihkan darah. Ada juga yang menyebut bunga telang baik untuk meningkatkan kesuburan wanita. Namun, belum ada penelitian lebih lanjut terkait khasiat bunga telang tersebut.

Berkhasiat untuk Kesehatan Mata

Selain diseduh menjadi teh, bunga telang juga bisa direndam dan dijadikan obat tetes mata. Air rendaman bunga telang inilah yang berkhasiat untuk menjernihkan mata.

Obat Bisul

Bunga telang jika ditumbuk dan dicampur gula jawa dipercaya berkhasiat menyembuhkan bisul. Hasil tumbukkannya tersebut, tinggal dioleskan pada bagian tubuh yang bengkak karena bisul.

Teh Bunga Telang

Setelah mengenal manfaat bunga telang yang bisa menjadi salah satu Potensi Tanaman Obat di Indonesia, ada baiknya juga mengetahui cara menyeduhnya menjadi teh. Jika ingin praktis, bunga telang bisa langsung diseduh dengan air panas setelah dipetik.

tumbuhan bunga telang

Jika ingin lebih berkhasiat, banyak yang mengeringkan bunga telang terlebih dahulu sebelum diseduh. Ambil dua sampai tiga helai bunga telang yang sudah kering, seduh dengan air panas. Lalu diamkan selama 10 menit. Baru teh biru bunga telang bisa dikonsumsi.

Ada juga yang menambahkannya dengan madu, lemon, atau gula untuk lebih memperkaya rasa. Sementara rasa originalnya sendiri layaknya rasa teh hijau.

Jika dicampurkan dengan bahan lain, warna teh yang dihasilkan bisa berubah warna, tergantung bahan tambahan yang digunakan.

Misalnya menambahkan bunga telang dengan lemon peras, warnanya akan tercampur dengan warna kekuningan mengikuti air perasan lemon. Alhasil warnanya tidak murni biru, tapi keunguan.

Jika menyeduhnya dengan dicampur sirih, warna teh yang akan dihasilkan jadi biru pekat. Caranya cukup seduh campuran bunga telang dan sirih menggunakan air panas dalam waktu 5 sampai 15 menit.

Sangat unik, namun mengolah bunga telang menjadi minuman juga cukup mudah. Namun manfaat bunga telang ini baik sekali untuk kesehatan. Jadi jangan ragu untuk meminumnya.

 

Manfaat Bunga Telang, Kembang Bahan Pembuat Teh Biru


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *