Redaktur

Review Lentera Kecil

Tidak terasa sudah dua bulan keberadaan situs lenterakecil.com hadir di dunia maya. Sejak mendaftar pada tanggal 6 juni 2011 sampai saat ini, banyak kejadian yang tidak diduga/ terbayangkan oleh saya.

Di akhir bulan kedua  ini, justru lenterakecil.com tidak dapat diakses mulai tadi malam sampai sorehari. Ternyata server lenterakecil.com bermasalah kena serang DDOS yang mengakibatkan server kolap. Gejala-gejala sebenarnya sudah saya rasakan sebelumnya, semoga badai telah berlalu.

Saya sengaja menulis review ini agar supaya siapa saja yang hendak membuat situs baru (newbie) dapat sedikit memberi gambaran bagaimana mengelola situs dengan seflhosting. Saya tidak mengajarkan, menggurui, tetapi hanya sekedar sharing berbagi pengalaman, minta saran,  belajar bersama, mengingat lenterakecil.com baru berusia 2 bulan dan masih jauh dari kesempurnaan, lagi pula saya bukan seorang webmaster. Just sharing knowledge.

Tentunya terlalu dini me-review sebuah situs, minimal 4-6 bulan baru dapat dilihat hasilnya (saran adsense, seo, dll) tapi biarlah, dua bulan banyak kejadian yang saya alami.

Review Lentera Kecil

Awal dipublikasikan lenterakecil.com saya lihat di alexa.com NO Data, setelah saya mengisi tiga post/artikel, muncul di alexa.com dengan ranking 22.jutaan.

Di semua top search engine saya coba cari dengan keywords “lentera kecil” tidak terindeks. Langkah berikutnya saya addurl ke google, yahoo, dan bing, karena ketiganya merupakan search engine terbesar. Keesokkan hari, saya coba search lagi dengan keywords “lentera kecil”, ups.. di google.co.id menduduki paling atas no 1, lucunya terindeks “undercontruction” (saat mendaftar halaman utama masih “under contructions”) sedangkan di google.com menduduki nomer 3, di bawah akun facebook. Di yahoo, dan Bing belum terindeks.

Saya coba mendaftar ke adsense. Google Adsense , kliksaya, infolink, menolak dengan alasan traffik, isi masih kurang. Yang menerima Adsensecamp, clicksor, linkbucks. Tapi saya menyadari dan tidak langsung memasang iklan adsense yang menerima. Atas saran google (salah satu alasan penolakan) untuk menggunakan google webmastertools , google analytics, saya segera mendaftar (gratisss).

Setelah sebulan berlalu serta situs telah terisi kurang lebih 30 artikel, dan kunjungan lebih dari 100 (menurut histats.com) ranking alexa menurun dratis 2 jutaan. Di search engine google masih bertahan di puncak dengan kata kunci “lentera kecil” dan hampir di semua search engine yang ada di internet  telah mengindeks situs lenterakecil.com. Adsense mulai dipasang.

Memasuki pertengahan bulan kedua, badai datang. Situs lenterakecil.com dimasuki hacker (?). Yang pertama memasukkan file tak dikenal di root hosting (segera saya hapus) selang dua hari halaman utama diganti (deface) setelah saya ganti kembali, segera memasang pengaman wordpress. Saya mengabaikan pengamanan situs karena terlalu mefokuskan ke tampilan (beberapa kali ganti tema), isi, trafik.

Untuk ketiga kalinya hacker(?) menyusup kembali dalam seminggu ini, kebetulan saya sedang membuka Cpanel, jadi begitu muncul segera saya hapus. Kali kempat hacker berhasil menyusup lagi, untunglah hanya memberi peringatan supaya membenahi sistem dan tidak men-deface. Inilah hacker sebenarnya, tidak merusak hanya memberi peringatan tanpa mengacaukan penampilan situs .

Thanks  to chlizaceh: Aceh Indonesia Hacker (jadi pingin belajar hacker lagi 🙂 ). Segera saya instal ulang wordpress beserta isinya dan mencoba menganalisa celah keamanan situs, lumayan menyita waktu dan tenaga. Setelah cukup aman (tapi nggak menjamin 100%) baru situs saya aktifkan setelah memasang “under contruction” lagi. Ternyata di akhir bulan malah server lenterakecil kena hack melalui DDOS.

Memasuki bulan ketiga, situs lenterakecil.com berdasarkan rangking alexa.com (saat artikel ini ditulis,) telah mencapai 1.303.908, dan yang lebih mengejutkan saya, situs lenterakecil.com telah memperoleh Google pagerank 2. (secepat inikah ?). Untuk bahan evaluasi, setelah saya bloging ke sana-sini, banyak menemukan situs yang isinya bagus, artikelnya banyak, menarik, umur lama (malah tahunan), akan tetapi alexa rank -nya masih tinggi dan belum dapat pagerank.

Perlu diketahui, saya tidak menggunakan software, promosi, apalagi membayar konsultan, dalam mengelola situs ini. Biaya pembuatan situs mulai domain dan hosting, nggak sampai 100 rb/tahun. Yang saya lakukan adalah hanya menggunakan tools gratis online seperti: google analytics, google webmastertools, seoanalyser.net, woorank.com dan berusaha melaksanakan saran tools tersebut, mengubah, memperbaiki dsb, semampu saya.

Kesimpulan

Saya sendiri tidak tahu, bagaimana lenterakecil.com menurut kacamata webmaster dalam pemerolehan ranking baik dari alexa maupun dari google, dalam waktu 2 bulan, apakah standart atau masih bisa diperbaiki lagi, serta penampilan dan isi situs ? Yang saya tahu, umur situs ini masih bayi, dan masih perlu perbaikan baik isi maupun tampilan.

Loading...

Lentera kecil media online sarana pembelajaran pendidikan yang informatif, inspiratif dan edukatif

3 Comments

  • kickymaulana

    mas bantu saya mas agar web saya gak kenak hack lagi, apa apa aja dan jelas kan ya mas. saya takut sekali hari itu, masak tulisan di website saya gak ada yang berguna pun hacker mau? apa sih tujuan hacker itu merusak web saya mas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *