Tips Memilih Sekolah Terbaik untuk Anak

Sebagai orang tua, memilih sekolah terbaik untuk anak tentu sebuah harapan yang besar, di mana dapat menentukan kehidupan anak di kemudian hari. Paradigma pendidikan selalu berkembang sesuai tuntutan perkembangan jaman. Saat ini sekolah bukan hanya sekedar memperoleh nilai angka lewat tes melainkan lebih dapat mengembangkan potensi yang dimiliki anak.

Tantangan yang akan dihadapi oleh anak di kemudian hari bisa jadi tidak diketahui, namun dengan bekal semangat terus belajar sepanjang hidup, setidaknya tantangan yang ada dapat dihadapi. Untuk itu, anak memerlukan lingkungan dan sekolah terbaik agar dapat menggali dan mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Muat Lebih

Memilih Sekolah Terbaik untuk Anak

Beberapa ciri umum Sekolah Terbaik untuk Anak berikut, setidaknya bisa memberi gambaran kepada orang tua ketika harus memutuskan memilih sekolah. 

Sarana dan Prasarana yang layak sebagai proses belajar mengajar sekaligus penggalian potensi anak.

  • Lingkungan belajar yang kondusif, aman, sehat, bersih, indah, dan asri, sudah pasti akan menjadikan proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan menyenangkan. Lingkungan sekolah yang menyenangkan akan membuat anak “betah” untuk menghabiskan waktu.
  • Selain lingkungan, sekolah terbaik memiliki perlengkapan pendukung proses kegiatan belajar mengajar, seperti alat dan ruang praktikum yang lengkap, laboratorium, kantin, klinik kesehatan, perpustakaan, serta sarana pendukung potensi dan kegemaran anak.

Sekolah yang memiliki harapan dan tujuan pendidikan yang sama dengan orangtua, maksudnya sekolah harus memiliki nilai-nilai yang sama dengan orangtua.

  • Sebagai orang tua, tentunya sedikit tahu tentang potensi dan kemampuan anak dan berharap sekolah dapat menggali, mengembangkan dan membina.
  • Setidaknya sekolah memiliki visi dan misi yang sesuai dengan harapan orang tua. Dan yang terpenting apakah Visi dan Misi sekolah telah diterapkan berkesinambungan, atau hanya sekedar slogan semata?

Sumber daya yang baik. Sumber daya bisa berupa materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum sekolah serta sumber data manusia.

  • Sekolah terbaik akan menerapkan dan melaksanakan kurikulum sekolah yang telah disusun dengan sangat ketat. Termasuk aturan-aturan yang dibuat agar proses belajar-mengajar dapat berlangsung dengan baik.
  • Kepala Sekolah, Tenaga pendidik, karyawan sekolah merupakan orang yang kompeten dan berkualifikasi di bidangnya.

Dukungan Orang tua, Masyarakat dan Pemerintah. Sekolah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang melibatkan orang tua, masyarakat dan pemerintah.

  • Sekolah terbaik tentu mendapat dukungan serta partisipasi dari orang tua peserta didik. Tidak dapat dipungkiri bahwa keluarga merupakan institusi pertama dalam pendidikan. Keterlibatan orang tua untuk ikut mentaati peraturan sekolah yang telah disepakati, membantu proses pendidikan anak, pendukung keberhasilan si anak tersebut.
  • Selain itu peran masyarakat, terutama sekitar lokasi sekolah, dapat membantu terlaksananya proses KBM. Saat ini Komite Sekolah harus ada di sekolah tersebut.
  • Yang tidak dapat ditinggalkan adalah peran Pemerintah. Sekolah harus punya ijin pendirian, lokasi dan sebagainya. Bahkan akreditasi sekolah, pemerintah lah yang menentukan. Untuk itu sekolah terbaik mendapat pengakuan dan dukungan dari Pemerintah.

 

Memilih Sekolah Terbaik untuk Anak

Selain ciri-ciri sekolah terbaik di atas, agar orang tua dapat memilih sekolah terbaik untuk anak, dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Bertanya kepada alumni atau orang tua alumni akan lebih meyakinkan kita tentang sekolah tersebut. Lebih baik lagi jika orang tua alumni merupakan kerabat atau orang yang kita kenal.
  • Berkunjung ke sekolah untuk berbicara dengan kepala sekolah, berbicara dengan guru, siswa, atau mungkin berbicara kepada orangtua siswa lain yang ada di sekolah.
  • Melihat kondisi kelas. Kelas yang baik memiliki ruangan yang cukup untuk anak bergerak dan dapat berinteraksi dengan baik antara guru maupun murid. Juga, kondisi kelas, seperti pencahayaan, kelembaban, penataan bangku, papan tulis, dsb.
  • Melihat wajah siswa saat belajar. Apakah menunjukkan wajah bersemangat atau sibuk mengerjakan/melakukan kegiatan. Hal ini bisa menggambarkan suasana kelas yang cukup menarik untuk anak atau sebaliknya.
  • Melihat cara guru berinteraksi dengan siswanya. Hubungan guru dan siswa seharusnya tidak bersifat mengendalikan dan memerintah namun hangat dan tulus.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, setidaknya orang tua bisa menentukan apakah sekolah tersebut baik dan tepat anak juga untuk orang tua.

 

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. lokasi juga harus diperhatikan… apakah jauh dari rumah, apakah akses transportasinya mudah, dan sebagainya 🙂 karena itu pasti harus dihadapi setiap hari nantinya. jangan sampai jadi stres 🙂