Ketrampilan

Belajar menulis di blog (bisa) dapat uang

Satu langkah pembelajaran menulis di blog, kembali dihadirkan oleh salah satu penerbit Adsense Indonesia Kliksaya.com untuk para blogger  yaitu dengan diadakannya kontes menulis review untuk ketiga kalinya. Suatu pembelajaran blogger-bloger untuk lebih  meningkatkan ke-orisinal-an ide, pendapat, pikiran  melalui tulisan. Selain itu sebagai balasan bagi tulisan yang menarik akan diberi hadiah uang. Belajar menulis sekaligus dapat uang, siapa mau ?

Sayangnya, saya telah dua kali melewatkan kesempatan emas itu. Saya baru saja bergabung di kliksaya.com, setelah sekian lama tidak aktif ngeblog. Sementara blog LenteraKecil.com baru lahir dan saya berharap untuk segera memasang adsense kliksaya di situs ini sebagai publisher 🙂

Belajar menulis di blog (bisa) dapat uang

Kontes itu adalah suatu perlombaan , tentunya dengan aturan/kriteria yang telah ditetapkan oleh penyelenggara. Demikian juga dengan kontes menulis review oleh kliksaya.com ada aturan mainnya.

Terlepas dari keinginan mendapat uang dalam mengikuti kontes ini (biasanya dalam kontes/perlombaan ada menang-kalah dan saya tidak ingin menggunakan istilah ini) ajang ini dapat sebagai tolak ukur tulisan kita.

Menulis di blog, tentunya berbeda sekali dengan kalau kita menulis karya ilmiah (laporan penelitian, skripsi, tesis, dsb), menulis di blog cenderung ke arah opini (pendapat, pikiran, pendirian).  Orang bebas berbicara tentang opininya, bebas gaya bicaranya, entah berteriak, lirih, sambil tertawa, dsb. Demikian juga dengan tulisan opini, tidak ada aturan yang baku dalam penulisan. Yang menjadi tolak ukur  sebuah opini adalah, ide, pikiran  kita sendiri yang mudah dimengerti dan dapat diterima oleh semua pihak. Memakai bahasa gaul, mengapa tidak ? Isi tulisan menarik atau tidak, sebenarnya bersifat  subyektif . Menurut A bagus, menurut B belum tentu. Semoga kontes menulis kliksaya.com dinilai/dibaca lebih dari 5 orang, dan didiskusikan.

Sedikitnya ada 4 hal manfaat yang saya rasakan dengan mengikuti kontes ini.

  • Sebagai ajang latihan penulisan opini. Apakah tulisan saya dapat dimengerti dan diterima oleh pembaca?
  • Ajang saling bertukar pikiran dengan sesama anggota Publisher Kliksaya.com.
  • Secara tidak langsung, apalagi bisa masuk terbaik situs kita lebih dikenal dan otomatis dapat meningkatkan trafik kunjungan situs. Dan ada lagi ..
  •  Kalau menang dapat duit 🙂

Mungkin yang menjadi sedikit pekerjaan bagi penyelenggara adalah menentukan tulisan yang diikutkan merupakan pikiran, tulisan orang lain.

Bagi penerbit Adsense Kliksaya.com, saya yakin dengan diadanya kontes menulis ini, akan lebih banyak lagi pemasang iklan, publisher bergabung. Apalagi kalau mau menjadi publisher kliksaya.com harus membuat sebuah artikel yang mereview kliksaya.com di situsnya.

Maju Terus Blogger, Tuangkan apa yang kamu pikirkan, meski satu kalimat.

 

Belajar menulis di blog (bisa) dapat uang – Lentera Kecil

Loading...

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

15 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *