Blogging

Berkenalan dengan Alexa Internet web penyedia informasi

Coba Anda ketik keyword “alexa” di google penelusuran gambar, akan  tampil banyak wajah-wajah cantik. Ya, Alexa memang cantik, mungkin akan banyak imajinasi tentang si Alexa. Ibarat salon kecantikan, Alexa Internet salon akan “mempercantik” website, secantik Alexa.

Alexa Internet adalah sebuah perusahaan internet penyedia informasi melalui website mesin pencari milik Amazon.com. Tahun 1996 Brewster Kahle dan Bruce Gilliat mendirikan  perusahaan layanan internet dengan nama Alexa Internet. Nama dipilih sebagai penghormatan kepada Perpustakaan Alexandria. Tahun 1999 Amazon.com yang berkedudukan di San Fransisco California mengambil alih Alexa Internet dengan membeli saham $250 juta. Awal tahun 2002 Alexa bekerja sama dengan Google dan membuat sebuah Open Direktory Project tahun 2003.

Misi asliAlexa Internet adalah menyediakan mesin pencari “cerdas” sedangkan amazon mempunyai banyak kepentingan lain, maka pada tahun2006 Google Live Search mengganti peran amazon sebagai penyedia hasil pencarian.  Bulan Desember 2006 meliris Alexa Image Search dan merupakan aplikasi pertama yang digunakan pada Platform Web Alexa Internet.

Layanan Alexa Internet

Site Info

Alexa Internet mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk menyediakan statistik  setiap situs di web. Contoh, Traffic Rank, jumlah Tampilan Halaman, dan Beban Waktu Rata-rata situs.

Kontak Info

Selain  data yang diberikan kepada pemilik situs, Alexa Internet menyediakan informasi kontak  tentang perayapan  situs. Informasi ini mencakup pemilik situs, alamat, dan kontak e-mail.

Link Terkait

Setiap kali pengguna Alexa Toolbar mengunjungi suatu halaman web, Alexa Toolbar mengambil informasi dari server Alexa Internet untuk menyarankan halaman lain yang mungkin menarik bagi pengguna.

Layanan Premium

Alexa Audit Situs -. Alexa Internet akan  menganalisa website Anda untuk memberi Anda pandangan mendalam tentang visibilitas situs Anda ke mesin pencari, dan memberikan wawasan ke dalam optimasi, monetisasi dan “kecantikan” secara keseluruhan dari situs Anda.

Perlukah Alexa Rank ?

Berbeda dengan Pagerank Google yang menerapkan angka 0 – 10 untuk ranking sebuah situs, Alexa menerapkan angka 1 sampai Jutaan dalam Ranking dengan asumsi semakin besar nilai rangking google website semakin baik, sebaliknya di alexa, semakin kecil rangking website akan terlihat makin “cantik”.

Keberadaan Alexa ranking sebenarnya hanya untuk membuktikan bahwa sebuah situs terlihat “cantik” dalam arti konten, tampilan, kunjungan benar-benar luar biasa, dan pada akhirnya dapat meningkatkan SERP atau SEO di mesin pencari. Apa selajutnya ? Tentu saja harapan yang didapat dari maksud dan tujuan membuat situs dapat terwujud.

Secara teori kita tidak dapat menentukan bagaimana untuk meningkatkan rangking Alexa (rahasia perusahaan). Mungkin kita hanya bisa meraba-raba dengan menganalisa latar belakang Alexa Internet atau studi tentang sebuah situs yang mempunyai ranking rendah (baik). Kenyataan banyak hal yang tak terduga. Tiba-tiba dalam waktu singkat rangking turun, lantas beberapa hari naik tajam, ada situs yang baru muncul sudah mendapat rangking dan tidak “NO DATA” dan sebaliknya situs yang cukup lama malah NO DATA alias tidak ter-ranking.

Satu lagi, banyak aplikasi SEO analis memperhitungkan keberadaan ranking Alexa serta pengiklan akan lebih senang apabila produknya berada pada situs yang mempunyai Ranking Alexa yang rendah (baik).

Kalau ingin website Cantik datang ke salon Alexa

Alexa released the Alexa Web Information Service on the Amazon.com Web Services platform. Gain access to Alexa’s processed information about the Web, including traffic statistics, Related Links, and more.

Source: Alexa.com- wikipedia.com

Loading...

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *