Kereta Api Ekonomi Premium 2017

Kereta Api Ekonomi Premium (K3 Premium Class) 2017 merupakan rangkaian kereta api baru milik PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) yang diproduksi oleh PT Industri Kereta Api (PT INKA) Madiun. Meskipun kelas ekonomi, namun fasilitas yang ada adalah premium sehingga akan memberikan layanan dan kenyamanan untuk penumpang layaknya kelas eksekutif.

Dalam satu rangkaian kereta api (trainset) Ekonomi Premium terdiri dari 11 gerbong kereta yaitu 10 gerbong penumpang dan satu gerbong kereta makan / mesin pembangkit. Untuk penomoran rangkaian pertama dimulai dari K3 01701- K3 01710 dan MP 101701. Sedangkan penomoran di rangkaian kedua adalah K3 01711-K3 01720 untuk kereta makan MP 301702.

Kereta Api Ekonomi Premium 2017

Kereta Api Ekonomi Premium 2017

Fasilitas kereta ekonomi K3 Premium Class 2017 sedikit berbeda dengan K3 New Image pendahulunya. Pada K3 New Image sandaran kuris statis tidak bisa dirubah. Sedangkan sandaran kursi K3 Premium class bisa dirubah. Jarak pijakakan kaki antar kursi juga sudah mulai longgar, sepertinya direvisi dari K3 New Image.

Fasilitas dan interior Kereta Api Ekonomi Premium (K3 Premium Class) 2017 hampir sama dengan Kereta Api Ekonomi (K3 New Image) yaitu kapasitas tempat duduk 80 kursi. Namun, formasi tempat duduk setengah berhadapan, artinya setengah menghadap laju kereta, setengah membelakangi laju kereta.

Selain itu,  sandaran kursi K3 Premium class bisa dirubah sedangkan pada K3 New Image sandaran kursi tidak bisa dirubah (statis). Demikian juga pada jarak pijakan kaki antar kursi pada Kereta Api Ekonomi Premium dibuat lebih longgar dari pendahulunya.

Untuk AC, Kereta Api Ekonomi Premium menggunakan AC Sentral Boogie K10 yang disempurnakan, ada penunjuk suhu, pemecah kaca dalam keadaan darurat dan lain sebagainya.

Uji coba Kereta Api Ekonomi Premium K3 Premium Class 2017 sudah dilakukan. Uji coba pertama dilakukan pada lintasan Madiun – Cirebon via Semarang. Yang kedua Madiun – Surabaya Gubeng dilanjutkan ke Malang sebagai uji ketahanan di tanjakan.

Dengan selesainya uji coba ini, diharapkan Kereta Api Ekonomi Premium (K3 Premium Class) dapat digunakan sebagai angkutan KA premium mudik lebaran 2017.

PT Kereta Api Indonesia terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan meremajakan armada kereta api yang sudah tidak layak lagi. Salah satunya adalah Kereta Api Ekonomi Premium (K3 Premium Class) 2017 yang sebentar lagi akan beroperasi pada pertengahan Juni 2017.

Artikel Pendukung

loading...
Comments
  1. Adrian

    Mari kita dukung operasional Kereta Kelas Bisnis AC dan tolak kebijakan PT KAI untuk mengoperasikan KA Kelas Ekonomi New Image 2016 dan KA Kelas Ekonomi Premium. Kita sudah cukup puas dengan layanan kereta Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi AC Plus seperti KA Bogowonto, Gajahwong dll.

  2. Budi

    Kapok, cukup sekali sj naik kereta ekonomi premium Gbms ke jkt, wkt kedatangan molor dr jadwal….uhh

  3. Adrian

    Saya sudah mencoba naik KA Tambahan Malang – Surabaya (ada yang menyebut KA GBMS) Kelas Ekonomi – Premium. Memang tempat duduknya bisa direbahkan seperti tempat duduk di Mobil, tapi jarak antar kursi masih sempit. Kesimpulannya, tempat duduk pada Kereta Kelas Ekonomi – Premium masih tidak nyaman dengan Ergonomis yang buruk. Atau, mau tak mau, kita cari kendaraan lainnnya saja atau naik KA Kelas Eksekutif saja. Yah, kita lihat saja nanti kebijakan PT KAI dan PT INKA akan menguntungkan mereka atau tidak.

ADD YOUR COMMENT