Kesempatan Emas Buat Konten Kreator Dengan Program Creator Funds!

GoPlay Creator Fund

Siapa yang disini berkeinginan menjadi konten kreator esok hari, guys? Tentunya tak diragukan lagi, sudah banyak konten kreator di Indonesia yang berhasil mencapai kesuksesannya. Mulai dari Raditya Dika, Tim2One, Reza Oktovian dan masih banyak lagi. Mungkin beberapa dari kalian masih heran, bagaimana mereka bisa mendapatkan sekian banyak pendapat hanya dari membuat video dan live streaming?

Para konten kreator tentunya tidak hanya mendapatkan pendapatan mereka dari Iklan yang masuk channel mereka saja, namun bisa juga dari endorsement, memiliki usaha sampingan, serta mendapatkan gift dari hasil streaming mereka. Namun ada satu rahasia yang dapat konten kreator dapatkan untuk mendapatkan pemasukan tambahan, yakni dari program creators fund dari platform yang mereka gunakan. Kira-kira apasih program Creator fund itu? Yuk, kita bahas sama-sama.

Program Creator Funds

Creator Fund adalah program pendanaan sebagai bentuk dukungan terhadap kreator lokal secara finansial. Nah, pas banget nih, kami punya beberapa rekomendasi program Creator Fund untuk kamu yang mau memulai live streaming dan membuat konten khususnya buat kamu yang barusan mau mulai nih. Langsung aja kita bahas sama-sama, guys.

1. Youtube Shorts Fund

Youtube Shorts Fund

YouTube menawarkan program dana kreator kepada kreatornya melalui Youtube Shorts Fund untuk bersaing dengan platform penyedia layanan hiburan serupa yang lainnya. YouTube Shorts sendiri merupakan fitur baru di YouTube yang memudahkan pembuat konten  untuk mengembangkan video pendek  menggunakan ponsel cerdas dan kamera shorts aplikasi YouTube.

Dalam unggahan di laman dukungan Google, YouTube menjelaskan bahwa bonus tersebut berasal dari Shorts Fund yang dikucurkan sebesar US$ 100 juta  atau setara Rp 1,4 triliun. Dana ini akan didistribusikan ke YouTuber yang memenuhi kriteria dan syarat tertentu pada tahun 2021 dan 2022.

Persyaratan utama untuk  bergabung dengan YouTube Shorts Fund adalah kreator harus membuat video pendek sendiri (orisinil). Kemudian Video yang diunggah belum pernah diunggah oleh orang lain. Selain itu, kreator harus berusia minimal 13 tahun dan kreator yang berusia antara 13 dan 18 tahun memerlukan persetujuan orang tua atau walinya untuk membuat akun AdSense.

YouTube  mengamati kreator yang memiliki kinerja tertinggi dan sesuai syarat dan ketentuannya. Kemudian perhitungan hadiahnya berdasarkan jumlah penayangan, beberapa faktor lainnya. Syarat untuk ikut disini cenderung menyusahkan terutama untuk konten kreator pemula.

2. TikTok Creator Fund

TikTok Creator Fund

Jika kalian tahu sejarahnya, TikTok sebenarnya telah berevolusi dari aplikasi ramah untuk anak-anak menjadi aplikasi yang  digunakan kalayak umum di seluruh dunia saat ini. TikTok Creator Fund adalah program hibah TikTok yang  diluncurkan pada  Agustus 2020 sebagai bentuk dukungan finansial untuk TikTokers.

Namun tetap saja, terdapat beberapa persyaratan untuk bergabung dengan TikTok Creator Fund  memenuhi beberapa persyaratan, seperti memiliki 10.000 views dalam 30 hari, dan traffic video TikTok harus bersumber orisinil  dari FYP (For Your Page), jadi dapat kita simpulkan bersama jika program ini masih agak menyusahkan para kreator pemula.

3. IDN Creator Fund

IDN Creator Fund

IDN Media meluncurkan program IDN Live Streamer Fund pada April 2022. Program ini bahkan dikabarkan akan menyediakan dana Rp50 miliar untuk para konten kreator di IDN Live. IDN Live sendiri merupakan platform live streaming yang melengkapi sajian konten populer lainnya yang lebih dulu ada, seperti artikel berita dari media-media di bawah naungan perusahaan, kuis, hingga film.

Dana Rp 50 miliar yang disiapkan terbuka bagi siapa saja dan akan didistribusikan pada streamer terpilih yang dinilai memenuhi kriteria tertentu. Turut diberikan juga benefit lainnya seperti media coverage, strategi promosi, akses untuk menggunakan studio profesional IDN Media, dan program pelatihan dan mentoring dari tim IDN Media.

Namun dikarenakan IDN Media merupakan media yang tidak memiliki komunitas serta penggemar yang besar menyebabkan kurangnya peminat atau calon-calon konten kreator yang mungkin masih berfikir dua kali untuk berkarya di IDN Live karena masih sepi meskipun program yang diluncurkan ini terbilang cukup baik. Hal ini juga memungkin para kreator untuk lebih memilih untuk berkarir di platform yang memiliki komunitas yang lebih besar dan menjajikan.

4. GoPlay Creator Fund

Platform GoPlay Creator Fund

GoPlay sudah cukup lama memiliki tujuan untuk membuat konten kreator Indonesia memiliki tempat yang dapat memberikan mereka kepastian dan meningkat ekonomi kreator Indonesia. GoPlay juga membuat para kreator lokal semakin dikenal luas, memiliki pendapatan yang sustainable, serta mendorong tumbuhnya ekonomi kreator di Indonesia, GoPlay resmi meluncurkan program GoPlay Creator Fund yang terbuka bagi seluruh kreator di Indonesia.

GoPlay membuka pintu pendapatan berkelanjutan untuk para kreator. Dengan demikian, kreator berkesempatan mendapat bonus bulanan dengan proses pencairan yang instan dan seamless, potensi peningkatan virtual gift, pelatihan, hingga keuntungan khusus untuk meningkatkan skala program live show mereka. Bahkan pihak GoPlay juga mengatakan bahwa sudah banyak konten kreator di GoPlay yang berhasil mendapatkan penghasilan tambahan dari puluhan hingga ratusan juta perbulannya. Luar biasa bukan?

Selain itu, kreator juga berkesempatan untuk mendapatkan bonus bulanan dalam  meningkatkan skala program live show. Beberapa keuntungan tersebut di antaranya:

  1. Berkesempatan untuk tampil dalam acara liveshow rutin GoPlay, seperti GoCoustic, hiburan akustik mingguan GoPlay, atau GoPlay Playground, penampilan spesial bulanan yang menampilkan berbagai kreator unggulan GoPlay yang mana juga dapat meningkatkan traffic penonton serta popularitas di kalangan masyarakat.
  2. Berkesempatan untuk mendapat bantua sponsor dari brand partner yang difasilitasi GoPlay.
  3.  Mendapatkan Mentorship khusus dari tim GoPlay.

Hal yang paling menguntungkan yang lainnya yakni GoPlay tidak memandang seberapa viral kamu sebagai content creator, atau berapa banyak followers-nya. Hal ini dapat memberikan kesempatan besar bagi para kreator baru yang hendak berkarya tanpa perlu memikirkan popularitas karyanya. Namun tentu saja dengan niat dan konten yang kreatif serta positif.

Jadi, gimana menurut kalian? Kira-kira mana yang lebih cocok buat kalian? Keputusan ada ditangan kalian!. Semoga sukses dan bermanfaat.

 

Kesempatan Konten Kreator Dengan Program Creator Funds!

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.