Pengetahuan Umum

Apakah Sabun Transparan Itu?

Secara umum pengertian sabun adalah produk yang digunakan sebagai bahan pembersih untuk mencuci agar hasil cucian menjadi lebih bersih. Penggunaan sabun sebagai bahan yang digunakan untuk mencuci sudah terkenal sejak zaman dahulu kala, bahkan menurut beberapa penelitian sudah digunakan zaman pra sejarah sekitar 2800 tahun sebelum masehi.

Pada perkembangannya, teknologi pembuatan sabun terus berkembang yang akhirnya muncul beraneka macam jenis sabun mulai dari sabun berbentuk transparan hingga sabun cair dengan berbagai macam manfaat sesuai dengan kebutuhannya. Namun pada dasarnya sabun terbuat dari campuran alkali dan trigliserida dari lemak yang berasal dari sumber hewani dan minyak berasal dari sumber nabati.

Sabun Transparan

Sabun transparan merupakan salah satu bentuk sabun padat modern yang diciptakan oleh Pears Soap pada tahun 1807 yaitu sebuah perusahaan sabun yang didirikan pada tahun 1789 oleh Andrew Pears. Sabun transparan Pears yang warna kuning bening sehingga tampak tembus pandang dengan parfum berkualitas tinggi, dan menghasilkan busa yang lebih lembut dan tampak lebih menarik.

Sabun transparan mudah sekali larut karena mempunyai sifat sukar mengering. Unsur kunci proses produksi yang dikembangkan Pears untuk menghasilkan transparansi dan kemurnian sabun terus dipakai sepanjang sejarah produk ini seperti sabun transparan adev natural. Sama halnya dengan sabun mandi biasa, sabun transparan juga merupakan hasil reaksi penyabunan antara asam lemak dengan basa kuat, hanya saja penampakannya transparan.

Faktor yang mempengaruhi transparansi sabunĀ 

Ketika sabun akan dibuat jernih dan bening maka hal yang paling essensial adalah kualitas gula, etanol (alkohol) dan gliserin. Oleh karena ituĀ  pemilihan material dipertimbangkan dengan warna dan kemurniannya

Gliserin

Gliserin adalah produk samping dari reaksi hidrolisis antara minyak nabati dengan air untuk menghasilkan asam lemak. Gliserin merupakan humektan sehingga dapat berfungsi sebagai pelembab pada kulit. Pada kondisi atmosfer sedang ataupun pada kondisi kelembaban tinggi, gliserin dapat melembabkan kulit dan mudah di bilas.

Etanol

Etanol digunakan sebagai pelarut pada proses pembuatan sabun transparan karena sifatnya yang mudah larut dalam air dan lemak.

Gula

Gula bersifat humektan, dikenal membantu pembusaan sabun. Semakin putih warna gula akan semakin jernih sabun transparan yang dihasilkan. Terlalu banyak gula, produk sabun menjadi lengket, pada permukaan sabun keluar gelembung kecil-kecil. Gula yang paling baik untuk sabun transparan adalah gula yang apabila dicairkan berwarna jernih seperti gliserin, karena warna gula sangat mempengaruhi warna sabun transparan akhir. Gula lokal yang berwarna agak kecoklatan, hasil sabun akhir juga tidak bening, jernih tanpa warna tetapi juga agak kecoklatan.

Kandungan utama sabun transparan

Minyak Pendukung

Berbagai jenis minyak yang sering digunakan untuk membuat sabun diantaranya minyak zaitun, kelapa, castor, dan minyak kelapa sawit.

Sodium Hidroksida (NaOH)

NaOH atau kaustik soda merupakan senyawa alkali yang bersifat basa berbentuk butiran atau keping yang sangat higroskopis. NaOH akan bereaksi dengan minyak membentuk sabun lewat reaksi saponifikasi.

Asam stearat

Asam stearat membantu untuk mengeraskan sabun. Penggunaan terlalu banyak menyebabkan sabun kurang berbusa, jika terlalu sedikit sabun tidak mengeras.

Gliserin

Gliserin adalah produk samping dari reaksi hidrolisis antara minyak nabati dengan air. Gliserin merupakan humektan sehingga berfungsi sebagai pelembab kulit.

Alkohol

Alkohol adalah bahan yang digunakan untuk melarutkan sabun sehingga sabun menjadi bening atau transparan. Untuk terjadi transparansi sabun harus benar-benar larut.

Gula

Bersifat humektan dan membantu pembusaan sabun. Semakin putih warna gula akan semakin transparan sabun yang dihasilkan.

Pewarna

Penggunaan pewarna untuk memperindah penampilan masih menjadi perdebatan. Penggunaan pewarna ditakutkan akan membahayakan karena kulit merupakan organ tubuh yang menyerap apapun yang diletakkan dipermukaannya.

Pewangi

Pewangi atau pengaroma adalah suatu zat tambahan yang ditujukan untuk memberikan aroma wangi pada suatu sediaan agar konsumen lebih tertarik.

 

Apakah Sabun Transparan Itu?

Loading...

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *