daftar iklan mgid

Ketahui Hypnosis dan Hypnotheraphy di Pesantren Nurul Firdaus Ciamis

Apakah pernah terpikir di dalam benak anda tentang, apa itu hypnosis dan Hypnotherapy yang saat ini sedang ramai dibicarakan? Apa lagi digunakan sebagai metode rehabilitasi di salah satu pesantren terbaik di Jawa Barat, Pondok Pesantren Nurul Firdaus Ciamis.

Hypnosis dan Hypnotheraphy di Pesantren Nurul Firdaus Ciamis

Pondok pesantren ini mulai menjadi sorotan massa sejak berhasil menyembuhkan banyak pasien penderita gangguan mental. Lalu sebenarnya apa itu Hypnosis dan hypnotherapy? Silahkan baca artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Prinsip kerja hipnotis

Seperti dikutip dari laman http://gumilar.net/, prinsip kerja hipnotis inilah yang nanti akan menjelaskan apa itu Hypnosis dan Hypnotherapy.Pada dasarnya manusia itu memiliki pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.  Pikiran sadar adalah proses mental yang masih bisa anda kendalikan dengan sengaja atau sadar dalam melakukannya.Namun sebaliknya pikiran bawah sadar adalah proses mental yang sulit dikendalikan dan juga tidak disadari, karena berfungsi secara otomatis.

Pikiran sadar memiliki empat fungsi utama yaitu; mengenali info dari kelima indra, membandingkan info, menganalisa dan kemudian merespon. Sedangkan pikiran bawah sadar memproses kepribadian, kebiasaan, perasaan dll. Pikiran bawah sadar itu memiliki 9 kali pengaruh yang lebih besar dari pikiran sadar. Pikiran sadar tidak akan mudah diubah.

Lentera kecil:  Pegadaian Pertama Di Indonesia

Kemudian pikiran bawah sadar juga memiliki critical factor. Crtitical factor ini akan menganalisa segala informasi yang masuk dan menentukan tindakan rasional seseorang. Critical factorlah yang melindungi pikiran bawah sadar, ide, kepribadian, sugesti dan informasi. Dasarnya hypnotis terjadi saat critical factor seseorang di by-passatau dilewati.Hal ini dilakukan agar bisa langsung berbicara dengan alam bawah sadar.

Inilah yang dilakukan oleh para terapis di pesantren terbaik di Jawa Barat.Namun by-pass bukan berarti memanipulasi. By-pass dilakukan melalui cara induksi. Dengan induksi maka critical factor terbuka sehingga mudah memberikan sugesti,yang kemudian akan langsung mencapai pikiran bawah sadar pasien.

Hypnosis

Hypnosis sendiri adalah suatu kondisi pikiran dimana fungsi analitis logis dari critical factor direduksi atau tidak berfungsi. Sehingga seseorang bisa masuk dan memberikan sugesti. Disini sugesti untuk menghilangkan rasa sakit, phobia bahkan trauma bisa dihilangkan. Individu yang mengalami kondisi ini masih menyadari apa yang terjadi di sekitarnya berikut dengan stimulus yang diberikan oleh terapis.

Lentera kecil:  Bus Pariwisata Sebagai Salah Satu Alat Angkutan Darat

Berbicara sedikit mengenai sejarah hypnosis. Menurut para ahli hypnosis sendiri sudah digunakan sejak zaman pra sejarah. Dokumen berusia 3000 tahun dari Mesir mencatat bagaimana hypnosis ini digunakan oleh para pendeta mesir untuk pengobatan. Pada abad pertengahan hypnosis diberikan kepada bangsawan, yang kemudian, seiring berjalannya waktu mekanisme kerja hypnosis ini menuai banyak pertanyaan dan teori.

Hingga pada akhirnya didapatkan teori bahwa pada saat hypnosis, pendarahan dapat diminimalkan. Resistensi tubuh pada infeksi berkembang dan juga tidak mengalami dehidrasi. Hypnosis kerap digunakan sebagai pengganti obat bius, yang kemudian berubah menjadi lebih aman untuk pasien penderita gangguan mental.

Hypnotheraphy

Pengaplikasian hypnosis untuk tujuan perbaikan atau Theurapeutic-lah yang disebut dengan Hypnotherapy. Hypnotherapy yang digunakan di pesantren terbaik di Jawa Barat ini,juga sudah terbukti memiliki beragam kegunaan untuk menyembuhkan permasalahan yang berkenaan dengan emosi dan perilaku.

Dikatakan oleh para ahli bahwa hypnotheraphy bisa digunakan untuk membawa orang mundur ke masa lampau, untuk mengobati trauma dengan memberikan kesempatan untuk merubah fokus perhatian dan respon pasien. Contohnya dalam kasus phobia, pasien akan dihadapkan dengan gambaran yang menyebabkan phobia namun respon yang diberikan individu akan diubah menjadi tenang, sehingga akan menyesuaikan ulang reaksi mereka.

Lentera kecil:  Sistem Point Of Sales (POS)

Jika dikaitkan dengan pembelajaran, maka hypnotheraphy dapat diaplikasikan untuk meningkatkan fokus, kreativitas, daya ingat dan lainnya. Masih banyak hal yang bisa dipelajari mengenai Hypnotherapy, seperti pengaplikasian NLP, EFT dan lainnya. Namun saya rasa penjelasan yang saya beri sudah cukup informatif sebagai dasar penjelasan tentang Hypnotheraphy.

Cukup sekian info yang saya berikan, semoga bisa memberikan gambaran yang cukup tentang istilah Hypnosis dan Hypnotheraphy, yang kelak bisa menjadi acuan bahwa kedua hal ini bukanlah hal yang berbahaya jika digunakan untuk niatan baik. Yang kemudian bisa dimengerti dan dipahami akan kegunaan dan kepentingannya dalam proses penyembuhan penyakit mental. Terima kasih

 

Ketahui tentang Hypnosis dan Hypnotheraphy


Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *